Hindari, Ini Sederet Asupan Pemicu Kelenjar Getah Bening Bengkak

26 May 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kelenjar getah bening bengkak mengindikasikan terjadinya infeksi atau penyakit dalam tubuh. Reaksi tersebut menandakan kelenjar getah bening sedang bekerja melindungi tubuh saat ada organisme asing masuk.

Fungsi kelenjar getah bening seperti check point ketika ada bakteri, virus, atau organisme lain yang menginfeksi tubuh. Kelenjar ini mendeteksi, memberhentikan, mengumpulkan, dan berusaha mengeluarkan patogen tersebut dari dalam tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (23/5/24), berikut sederet asupan pemicu kelenjar getah bening bengkak, antara lain:

1. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis, hot dog, atau fast food lain memberi tekanan lebih besar pada sistem limfatik. Kandungan lemak, garam, dan gula yang tinggi memicu infeksi dan inflamasi. Pembersihan limbah dari tubuh akan terganggu dan menimbulkan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

2. Gula Rafinasi

Konsumsi gula berlebih dapat memperlambat pergerakan cairan tubuh. Kondisi ini menyebabkan resistensi insulin sehingga kadar glukosa terhitung tinggi dalam rentang waktu yang lama. Apabila terus terjadi jaringan sistem limfatik akan mengalami kerusakan dan pembengkakan pada bagian tertentu.

3. Produk Susu

Bagi beberapa orang, produk susu dapat mengaktifkan respon imun menjadi tekanan pada sistem limfatik. Hal ini disebabkan racun dan hormon dari hewan yang larut dalam susu lalu dikonsumsi manusia.

4. Biji-bijian Mengandung Gluten

Konsumsi biji-bijian seperti gandum diklaim dapat memicu respon imun yang kuat di dalam usus dan beberapa bagian tubuh lain. Gandum hitam (rye) dan jelai (barley) juga termasuk dalam daftar biji-bijian mengandung gluten yang harus dihindari.

5. Daging Merah

Daging merah dapat mengganggu mikrobioma usus dan menurunkan tingkat kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi daging sapi, domba, kambing, dan babi harus dikurangi untuk menghindari peradangan tubuh.

6. Alkohol

Efek alkohol adalah ukuran pembuluh yang melebar, hingga meningkatkan jumlah cairan di dalam tubuh. Sistem limfatik dan kelenjar getah bening dituntut bekerja keras untuk mengurangi cairan, hingga bisa dibuang ginjal. Banyaknya cairan dalam tubuh mengakibatkan efek diuretik.

7. Gorengan

Seperti makanan olahan, gorengan mengandung banyak lemak yang mengharuskan kelenjar getah bening dan sistem limfatik bekerja keras. Sistem imun harus bekerja ekstra melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

8. Produk Nonorganik

Sesuai namanya, produk nonorganik menggunakan bahan kimia selama proses budidaya hingga usai panen. Kandungan kimia ini memaksa sistem limfatik, termasuk kelenjar getah bening, kerja lembur melindungi tubuh. Karena itu, produk nonorganik sedapat mungkin dihindari.

9. Kafein

Mengonsumsi terlalu banyak kafein mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi ini mengakibatkan sistem limfatik, termasuk kelenjar getah bening, bekerja keras melindungi tubuh.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment