Laminaria, Ini Sederet Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

2 October 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Laminaria merupakan rumput laut berwarna cokelat yang berasal dari famili Laminariaceae. Tumbuhan laut yang juga sering disebut kelp ini memiliki ukuran yang besar dan tekstur yang kasar. Laminaria dapat diolah menjadi berbagai bentuk, mulai dari laminaria mentah, serbuk, hingga suplemen.

Manfaat laminaria berasal dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti yodium, zat besi, dan kalsium. Selain itu, tumbuhan ini juga kaya akan berbagai senyawa yang bersifat antiradang dan antioksidan alami, seperti flavonoid dan karotenoid.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (30/9/24), berikut sederet manfaat laminaria bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan fungsi tiroid

Laminaria bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kelenjar tiroid, karena kandungan yodium di dalamnya. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang memproduksi hormon tiroid dan berperan penting dalam proses metabolisme. Nah, untuk memproduksi hormon tersebut, kelenjar ini membutuhkan asupan yodium.

Saat kekurangan yodium, tubuh akan mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti perubahan berat badan, kelelahan, dan muncul pembengkakan di leher. Oleh karena itu, laminaria menjadi salah satu makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan yodium sehingga fungsi tiroid pun akan selalu terjaga.

2. Menurunkan berat badan

Laminaria juga diketahui bisa menurunkan berat badan. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan serat alami di dalamnya. Kandungan tersebut mampu meningkatkan proses pemecahan lemak serta mencegah pembentukan lemak di dalam tubuh.

Tak hanya itu, serat alami di dalam laminaria juga dapat mengurangi rasa lapar dan memberikan efek kenyang lebih lama.

3. Menjaga kestabilan kadar gula darah

Manfaat laminaria lainnya yang tidak kalah penting adalah menjaga kada gula darah tetap stabil, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Manfaat ini didasarkan pada penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi makanan tinggi serat bisa memperbaiki kadar gula darah.

Tak hanya itu, berbagai senyawa di dalam laminaria juga bersifat antioksidan sehingga dapat mengurangi resistensi insulin dan mencegah diabetes tipe 2.

4. Mencegah anemia

Berkat kandungan zat besi di dalamnya, laminaria bermanfaat untuk mencegah anemia, yaitu kondisi ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini bisa terjadi akibat kekurangan zat besi yang membuat tubuh tidak mampu menghasilkan protein di dalam sel darah merah atau hemoglobin.

5. Menurunkan risiko terkena kanker

Laminaria memiliki kandungan yang bersifat antiradang dan antioksidan yang baik. Hal ini didapat dari senyawa flavonoid dan karotenoid. Kandungan tersebut mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Tak hanya itu, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa laminaria dapat memperlambat penyebaran kanker paru-paru dan kanker prostat. Manfaat ini berasal dari kandungan fucoidan di dalamnya. Meski begitu, efektifitas manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment