Jauhi, Ini Sederet Makanan yang Bisa Radang Amandel

1 October 2024 - 08:00 WIB
iStock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari yang sering dianggap sepele ternyata bisa menjadi penyebab radang amandel. Salah satunya dari makanan yang dikonsumsi.

Kondisi ini dirasakan ketika amandel mengalami peradangan akibat infeksi, baik oleh virus maupun bakteri. Amandel berfungsi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi, tetapi kebiasaan buruk dapat memicu peradangan pada organ ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (29/9/24), berikut sederet makanan yang dapat memicu peradangan sehingga memperburuk gejala amandel, antara lain:

1. Keripik

Jika amandel Anda sensitif maka ada baiknya makanan renyah dan keras. Jauhi sementara keripik kentang, popcorn, dan makanan lainnya yang berpotensi untuk menyakitkan untuk ditelan.

2. Makanan Asam

Makanan yang asam menjadi salah satu makanan pemicu amandel. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, asam yang ada dalam tomat dapat mengiritasi lapisan tenggorokan dan menyebabkan radang amandel menjadi lebih buruk.

Tak hanya itu hindari juga acar karena mengandung cuka dan garam yang cukup banyak. Jadi hindari minuman dan makanan yang dapat mengiritasi mulut dan tenggorokan Anda.

3. Minuman Dingin dan Bersoda

Sudah bukan rahasia kalau minuman dingin bisa membuat amandel meradang. Tak cuma itu, hindari juga sementara minuman bersoda.

4. Makanan Berminyak

Hindari makanan ringan yang digoreng dalam atau dangkal seperti roti, ayam goreng, samosa karena dapat mengiritasi kelenjar getah bening (amandel).

5. Makanan Pedas dan Berbumbu Kuat

Hindari makan makanan pedas jika tak ingin memicu peradangan amandel. Makanan pedas dan berbumbu kuat akan membuat amandel menghasilkan batuk yang bisa menyakitkan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment