Kenyang Makan Daging, Ini Sederet Minuman Penetral Mengatasinya

19 June 2024 - 21:30 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Nikmatnya daging saat Idul Adha perlu diimbangi dengan beberapa hal. Salah satunya adalah minuman penetral setelah makan daging. Daging kurban sendiri termasuk dalam kelompok daging merah. Artinya, daging kurban kaya kandungan lemak.

Kandungan lemak yang tinggi telah dikenal dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan. Lemak berlebih bisa memicu hipertensi, kolesterol tinggi, dan masih banyak masalah lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (18/6/24), berikut sederet minuman penetral setelah konsumsi daging yang banyak, antara lain:

1. Air hangat

Coba minum segelas air hangat. Air hangat akan membantu menenangkan dan mengaktifkan sistem pencernaan.

Melansir dari Healthshot, air sendiri berfungsi sebagai pembawa nutrisi dan produk limbah. Jadi, minum air hangat membantu memecah nutrisi dalam bentuk yang mudah dicerna.

2. Teh jahe

Teh jahe dapat membantu meredakan masalah pencernaan setelah pesta daging seperti perut kembung. Teh jahe juga membantu memperlancar pencernaan dan mencegah tekanan darah tinggi akibat konsumsi daging berlebih.

3. Air lemon

Coba masukkan beberapa iris lemon dalam air putih. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat membantu proses penyerapan zat besi dari asupan daging.

Tak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol akibat kebanyakan makan daging.

4. Teh peppermint

Asupan daging berlebih bisa memicu masalah pencernaan seperti perut kembung. Untuk mengatasinya, coba minum teh peppermint. Teh peppermint dapat membantu mengatasi kembung. Teh ini juga membantu memperlancar pencernaan.

5. Jus nanas

Minuman penetral setelah makan daging berikutnya adalah jus nanas. Nanas dikenal akan enzim bromelain yang membantu tubuh mencerna daging. Bromelain dapat memecah molekul protein pada daging dan memudahkan usus untuk menyerap nutrisi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment