Kemenkes RI: Vaksinasi Sukses Turunkan Kasus Covid-19 Secara Drastis

8 January 2023 - 20:43 WIB
Foto : Merdeka.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan beragam jurus pemerintah dalam penanganan Covid-19 yaitu salah satunya ialah vaksinasi.
“Vaksinasi ini sudah berhasil menurunkan secara drastis kasus covid-19 di indonesia," terang Menkes RI dikutip Medcom.id, Minggu, (08/01/23).

Baca Juga : Kemenkes RI Imbau Seluruh Provinsi Waspada Terkait Keracunan Chiki Ngebul

Budi Gunadi Sadikin mengatakan laju vaksinasi Indonesia berada di peringkat lima dunia. Posisi global, yakni Tiongkok, India, Amerika Serikat, dan Brasil.
"Pada 2022, Indonesia telah memberikan sekitar 450 juta dosis vaksin yang disuntikan ke 204 juta orang dari target populasi sekitar 234 juta orang," jelasnya.

Menkes RI menuturkan bahwa tapak tilas saat Indonesia dihantam dua gelombang covid-19 besar. Rinciannya, yakni Delta pada Juni-Juli 2022 dan Omicron pada awal 2022.
"Namun dengan tingkat cakupan vaksinasi yang tinggi setelah gelombang varian Omicron, di Indonesia tidak ditemukan lonjakan kasus baru," papar mantan Wakil Menteri BUMN.

Selain itu, pemerintah melakukan berbagai inisiatif untuk meredam kasus covid-19. Langkah yang dilakukan berupa pemanfaatan sains dan teknologi untuk memproses identifikasi jenis atau varian virus.

"Langkah ini penting karena semua lonjakan kasus yang terjadi di seluruh dunia bukan pergerakan atau mobilitas, tapi karena adanya varian baru," tutupnya.


(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment