Kemenkes RI dan Muhammadiyah Jalin Kerjasama Terkait Percepat Transformasi Sistem Kesehatan Nasional

4 January 2023 - 16:38 WIB
Foto : kemkes.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kementerian Kesehatan RI dan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah jalin kerja sama di bidang kesehatan. Kerja sama dilakukan dengan penandatanganan MoU yang bertempat di gedung PP Muhammadiyah Jakarta, Selasa (03/01/23).

Penandatanganan dilakukan oleh Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin dan Ketua Umum Persyarikatan Muhammadiyah K. H. Haedar Nashir. Kerja sama kesehatan ini mencakup hal – hal yang mendukung dengan transformasi sistem kesehatan di Indonesia.

Baca juga : Kemenkes RI Imbau Masyarakat Tunda Berpergian ke China Terkait Lonjakan Covid-19

Menkes RI mengatakan ada 6 pilar transformasi, sebagian diantaranya terkait transformasi pelayanan primer yakni posyandu, puskesmas dan klinik. Saat ini, Muhammadiyah memiliki 300 unit organisasi Aisyiyah yang tersebar di Indonesia sehingga dapat membantu transformasi layanan primer dengan mendidik masyarakat untuk menjaga kesehatannya.

“Saya lihat yang paling pas untuk mendidik masyarakat adalah ibu-ibu di tingkat rumah tangga,” jelas Budi Gunadi Sadikin dilansir dari kemenkes.go.id, Selasa (3/1/23).

Terkait transformasi Layanan Rujukan, Rumah Sakit Muhammadiyah memiliki 120 unit rumah sakit. Ini bisa menjalin kerja sama dalam memberikan akses pelayanan kesehatan di seluruh daerah. Selanjutnya terkait transformasi Ketahanan Kesehatan, Muhammadiyah memiliki Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) untuk membantu menangani bencana di Indonesia.

Muhammadiyah juga memiliki 173 perguruan tinggi dan 12 fakultas kedokteran. Saat ini Muhammadiyah tengah mengintegrasikan rumah sakit dan universitas dalam satu atap. Hal ini memudahkan dalam transformasi SDM Kesehatan.

“Muhammadiyah lengkap, ada rumah sakit, ada perguruan tinggi. Ini bisa dikerjasamakan supaya kita bisa mensejajarkan posisi Indonesia di masa depan di industri kesehatan,” tutup Budi Gunadi Sadikin.

(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment