Kemenkes Minta Orang Tua Waspadai Popok Anak Tetap Kering Saat Demam

8 February 2023 - 05:40 WIB
Ilustrasi Sutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau para orang tua mewaspadai kondisi popok anak yang tetap terjaga kering saat pemakaian. Terlebih, saat kondisi anak sedang tidak sehat.

"Kalau demam biasanya beri cairan yang cukup pada anak, hingga memastikan kalau minumnya cukup, dia bisa buang air kecil, tetapi kalau popoknya kering segera dibawa ke rumah sakit," ungkap Juru Bicara Kemenkes, Nadia Tarmizi, seperti dikutip dari Antara, Selasa (7/2/23).

Baca juga : Kemenkes Kembali Keluarkan Edaran Kewaspadaan Obat Sirop

Menurutnya, salah satu gejala spesifik dari keracunan obat sirop adalah kesulitan buang air kecil yang menandai risiko kerusakan pada organ ginjal. Jika terjadi hal demikian, orang tua diimbau mengecek kondisi perut, apakah kembung.

Ia pun kembali mengingatkan bahwa gejala gagal ginjal akut sangat mempercepat perburukan organ vital. Secara umum, hanya 10-14 hari usai demam dirasa dan sulit buang air kecil, ginjal mengalami kerusakan.

"Jangan membeli obat sirop secara mandiri di apotek dan toko obat di pasaran. Segera bawa ke fasyankes terdekat untuk memperoleh resep yang tepat dari tenaga medis," jelasnya.

(ay/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment