Kamu Wajib Tahu, 5 Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

29 September 2023 - 07:15 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Air jahe atau lebih kenal disebut sebagai obat tradisional ini sudah dari lama dikenal sebagai bahan herbal yang dipercaya sangat ampuh dalam menyembuhkan kesehatan tubuh serta  menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, pasalnya minuman ini karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.

Dikutip dari halaman Medical News Today, Kamis (28/9/23), berikut manfaat minum air jahe yang mudah dibuat di rumah atau dengan ditambahkan pemanis seperti madu.

1. Meredakan Nyeri

Air jahe dapat membantu mengurangi beberapa jenis nyeri. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa yang menderita nyeri migrain, peneliti menemukan menggunakan jahe sebagai terapi tambahan lebih baik dari pada konsumsi obat-obatan rumah sakit.

2. Mual

Dalam penelitian pada 2015, para peneliti mengamati sembilan penelitian di mana orang menggunakan jahe untuk mengatasi mual pasca operasi, efek samping kemoterapi, mual karena virus, dan mual di pagi hari.

Penelitian tersebut, walaupun tidak selalu meyakinkan secara klinis, semuanya menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi mual dan muntah.

Baca Juga:  Hindari! Ini 5 Makanan yang Bisa Memperparah Kram Perut saat Menstruasi

3. Turunkan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa, jahe dapat mengurangi kadar kolesterol. Tikus tersebut mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterolnya, yang meningkatkan kolesterol total, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa pemberian suplemen yang mengandung jahe pada tikus juga dapat mencegah kolesterol tinggi dalam aliran darah.

4. Kontrol Gula Darah

Minuman air jahe dapat membantu mengontrol kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2. Dalam satu studi selama 12 minggu, peneliti membagi 41 orang dengan diabetes tipe 2 menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama mengonsumsi 2 gram suplemen bubuk jahe setiap hari, sedangkan kelompok kedua mendapat obat plasebo. Orang yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang signifikan ketimbang kelompok yang satunya.

5. Turunkan Berat Badan

Dalam penelitian lain juga melakukan pembagian untuk melihat perbedaan yang terjadi ketika mengonsumsi air jahe, peneliti membagi 10 pria menjadi dua kelompok. Satu kelompok meminum air jahe panas setelah sarapan. Kelompok lain tidak.

Pria yang meminum air jahe melaporkan perasaan kenyang yang lebih besar. Meskipun penelitian ini kecil dan diperlukan penelitian tambahan, hal ini menunjukkan bahwa air jahe berperan dalam penurunan berat badan.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment