Jarang Diperhatikan, Ternyata Ini Dampak Jamur Hitam bagi Kesehatan

27 September 2024 - 08:00 WIB
Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Black mold merupakan jamur hitam yang bisa hidup di benda atau permukaan yang mengandung selulosa, seperti kertas, kayu, dan dinding rumah. Kemunculan black mold ditandai dengan adanya noda hitam, hijau, abu-abu, atau coklat yang terasa berlendir atau bertepung ketika disentuh.

Black mold memiliki bau yang apek atau seperti bau tanah dan bisa membahayakan kesehatan ketika Anda menyentuh atau menghirupnya secara tidak sengaja. Ada beragam penyebab munculnya black mold yang perlu diatasi dan dicegah supaya jamur ini tidak tumbuh subur di dalam rumah.

Paparan black mold melalui udara atau sentuhan pada kulit bisa membahayakan kesehatan. Bahaya yang ditimbulkan akan bergantung pada kondisi kesehatan dan seberapa banyak atau lamanya Anda terpapar black mold.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (25/9/24), berikut sederet dampak black mold bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Gangguan pernapasan

Spora jamur hitam yang terhirup secara tidak sengaja bisa mengiritasi saluran pernapasan. Hal ini menimbulkan keluhan bersin, batuk, tenggorokan gatal, dan hidung tersumbat. Penderita rhinitis alergi dan asma lebih rentan mengalami gejala gangguan pernapasan tersebut.

2. Iritasi kulit

Tak hanya menimbulkan gangguan pernapasan, paparan black mold melalui udara atau kulit juga bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi, terutama pada penderita rhinitis alergi, alergi jamur, atau kulit sensitif. Iritasi kulit akibat black mold ditandai dengan kulit gatal, kering, bersisik, kemerahan, dan beruam, serta munculnya benjolan kecil berisi cairan.

3. Infeksi paru

Orang dengan imunitas tubuh lemah atau menderita penyakit paru-paru rentan terkena mikosis jika sering terpapar black mold. Mikosis adalah penyakit paru-paru serius yang ditandai dengan adanya perkembangan jamur di paru-paru.

Penyakit ini perlu mendapatkan penanganan segera dari dokter. Mikosis ditandai dengan sejumlah gejala, seperti batuk berdarah, demam, nyeri sendi dan otot, sakit kepala, berkeringat di malam hari, dan kelelahan meski sudah cukup beristirahat.

4. Gangguan kognitif

Meski perlu untuk diteliti lebih lanjut, paparan black mold dalam jangka waktu yang lama dan sering dipercaya dapat menyebabkan gangguan suasana hati. Tak hanya itu, lama terpapar black mold juga diyakini bisa menimbulkan sakit kepala, mudah marah, kecemasan, gangguan tidur, bahkan kesulitan berkonsentrasi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment