Jarang Diketahui, Ini Sederet Manfaat Air Hujan bagi Kesehatan

6 March 2024 - 06:45 WIB
VOI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Air merupakan komponen penting untuk semua unsur kehidupan. Dengan persentase sekitar 70 persen di dalam tubuh manusia, air menjadi hal yang penting untuk keberlangsungan hidup. Banyak orang yang terbiasa mendapatkan air minum dari keran, sumur, mata air, sungai, atau bahkan botol air kemasan.

Dari semua sumber tersebut, air hujan menjadi salah satu sumber yang jarang orang pakai untuk dikonsumsi. Lantas, apakah air hujan aman dikonsumsi? Apa manfaatnya bagi tubuh? berikut penjelasannya.

Air hujan dianggap sebagai sumber air paling murni di bumi. Air hujan memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan manusia yang sering terlupakan. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua air hujan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Air hujan bersih, turun di lingkungan yang bersih, memiliki khasiat kesehatan yang luar biasa. Jadi, air hujan sebenarnya aman dikonsumsi asalkan airnya bersih.

Baca Juga: Polda Kalteng Terima Bantuan Perlengkapan Lalu Lintas dari PT Jasa Raharja

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (4/3/24), berikut sederet manfaat air hujan bagi kesehatan yang jarang diketahui, antara lain:

1. Meningkatkan pH menjadi lebih basa

Melansir dari Healthline, salah satu klaim kesehatan air hujan yang umum adalah bahwa air hujan lebih basa daripada air keran, sehingga meningkatkan pH darah menjadi lebih basa.

Faktanya, baik air yang diminum atau makanan yang dikonsumsi tidak akan mengubah pH darah secara signifikan. Tubuh memiliki sistem yang efisien untuk menjaga pH darah di angka 7,4. Jadi, memilih jenis air untuk dikonsumsi tidak terlalu memengaruhi fungsi ini.

2. Meredakan stres

Seperti bermain hujan-hujanan, air hujan dikaitkan dengan ketenangan pikiran, cocok untuk meredakan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Dengan mandi air hujan ataupun mendengar hujan, tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang.

3. Meningkatkan kualitas udara di dalam rumah

Tak hanya digunakan untuk keperluan mandi dan minum, air hujan juga dapat digunakan sebagai air pembersih atau pengganti air wadah humidifier di dalam rumah. Ketika air hujan menguap, ia melepaskan molekul-molekul air ke udara.

Proses ini membantu mengatur kelembaban udara di dalam ruangan dan menjaga kualitas udara yang sehat di rumah. Udara yang lembab dapat membantu mengurangi gejala alergi dan penyakit pernapasan seperti asma.

4. Lebih aman sebab tidak mengandung fluoride dan klorin

Hujan mengandung air yang murni dan bersih serta bebas flouride maupun klorin. Hal tersebut membuat air hujan lebih aman dibandingkan dengan air ledeng. Karena di dalam air ledeng terdapat kandungan fluoride dan klorin yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama mengganggu kesehatan tubuh seperti sakit kepala, gastritis, hingga merusak organ.

5. Mengandung pH Alkaline yang baik untuk kesehatan

Air hujan mengandung pH yang sama dengan air suling dan air reverse osmosis (RO). Sehingga dapat membantu meningkatkan detoksifikasi dan membuat sistem pencernaan sehat. Mengonsumsi air hujan dapat membantu pH darah dalam tubuh dinetralkan dan tubuh bekerja lebih efektif.

6. Meningkatkan konsumsi air

Beberapa orang mungkin merasa air putih memiliki rasa yang membosankan dan tidak menarik. Namun, air hujan yang segar dan alami dapat memberikan sensasi berbeda bagi beberapa orang.

Oleh karena itu, manfaat minum air hujan untuk kesehatan juga akan membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti menghidrasi kulit, mengoptimalkan fungsi organ, dan meningkatkan pencernaan.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment