Jarang Diketahui, Ini Sederet Khasiat Kacang Almond yang Baik bagi Tubuh

3 November 2023 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang terkenal karena mengandung banyak nutrisi. Maka dari itu, kacang almond dijadikan sebagai camilan sehat bagi sebagian orang.

Namun, dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan yang lain, kacang almond cenderung lebih mahal harganya. Dikarenakan produksi dari kacang almond yang bergantung pada iklim.

Kacang almond bisa dikonsumsi secara langsung atau dikombinasikan dengan makanan lain sebagai topping. Seperti smoothie, yogurt, dan lain sebagainya.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (1/11/23), beriku beberapa manfaat kacang almond secara keseluruhan bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Tekanan Darah untuk Stabil

Dikutip melalui buku berjudul Budidaya Kacang Almond (2021), kacang almond bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Kacang almond mengandung magnesium yang cukup tinggi. Kandungan magnesium inilah yang baik bagi seseorang dengan riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Magnesium berfungsi dalam menjaga tekanan darah untuk tetap stabil dan menurunkan tekanan darah yang tinggi bagi para penderita hipertensi.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kedua dari kacang almond adalah dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Kacang almond memiliki kandungan lemak baik dan serat yang tinggi. Tak hanya itu, kacang almond mengandung karbohidrat yang rendah tapi tinggi akan protein dan serat. Kacang almond membantu kamu untuk lebih cepat kenyang.

Baca Juga: Pemprov DKI Gencarkan Vaksin Cacar Monyet

Ketika kamu merasa lebih cepat kenyang, kamu tentu tidak akan makan secara berlebihan, sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan diet kacang almond, dapat membantu seseorang yang mengalami obesitas untuk menurunkan berat badan mereka.

3. Mengontrol Gula Darah

Kacang-kacangan umumnya memiliki kandungan karbohidrat yang rendah namun tinggi akan protein dan lemak sehat. Hal ini menjadikan salah satu opsi yang baik bagi para penderita diabetes. Karena kacang almond bisa dijadikan sebagai cemilan sehat bagi penderita diabetes.

Penderita diabetes tipe 2, cenderung memiliki kadar magnesium yang cukup rendah dalam tubuh mereka. Kekurangan magnesium inilah yang menyebabkan kesulitan dalam mengontrol gula darah.

4. Membantu Menurunkan Kolesterol

Selanjutnya, kacang ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kacang almond mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Tak hanya itu, kandungan vitamin E yang tinggi pada kacang almond dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bekerja dalam menghentikan adanya proses oksidasi dari kolesterol. Oksidasi dari kolesterol ini, dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

5. Membantu Menguatkan Tulang

Kacang almond mengandung magnesium, kalsium, protein, zinc, tembaga, dan vitamin K yang dapat berguna dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Semua kandungan yang sudah disebutkan, dapat menguatkan kondisi tulang.

6. Membantu Tidur Lebih Cepat

Manfaat selanjutnya dari kacang almond adalah, dapat membantu kamu untuk tidur lebih cepat. Hal ini disebabkan oleh kandungan magnesium dan protein yang terdapat pada kacang almond. Sehingga pada malam hari, setelah mengonsumsi kacang almond, kamu dapat tidur terlelap.

7. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Kacang almond bermanfaat dalam menurunkan adanya risiko kanker payudara. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penderita kanker payudara yang mengonsumsi kacang almond memiliki risiko kanker payudara tiga kali lebih rendah dibandingkan dengan penderita kanker payudara yang tidak mengonsumsinya.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, dapat membantu kamu dalam menghindari risiko dari penuaan dini. Selain itu, vitamin E dapat membuat kulit menjadi terlihat bercahaya dan lebih sehat.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang almond kaya akan lemak baik yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Kacang almond juga mengandung protein, serat, dan kalium yang cenderung lebih tinggi dibandingkan kacang-kacangan lainnya.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa kandungan vitamin E, serat, dan lemak sehat dapat membantu seseorang lebih cepat kenyang. Kandungan tersebut juga dapat memberikan efek antioksidan flavonoid.

10. Mengurangi Rasa Depresi

Manfaat selanjutnya dari kacang almond adalah dapat membantu dalam mengurangi depresi dan anxiety. Hal ini dikarenakan, kacang almond mengandung zat besi, vitamin B6, dan kalsium yang baik dalam mengurangi gejala depresi serta anxiety. Kandungan ini juga dapat meningkatkan suasana hati.

11. Mengobati Maag

Dikutip melalui buku berjudul Bahan Makanan Bersumber dari Kacang-kacangan (2023), kacang almond dapat bermanfaat dalam mengobati maag. Kacang almond memiliki kandungan alkali yang cukup tinggi. Kandungan alkali inilah yang dapat menurunkan gejala asam lambung. Selain itu, kandungan alkali pada kacang almond juga dapat meringankan gejala asam lambung.

12. Mencegah Radikal Bebas

Kacang almond mengandung vitamin E seperti tokoferol. Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas dan mencegah adanya kerusakan oksidatif dalam tubuh. Radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat menyebabkan kerusakan sel. Tak hanya itu, radikal bebas juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan yang lain.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment