Jarang Diketahui, Ini 5 Khasiat Campurkan Garam Himalaya ke Seduhan Kopi

2 January 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tak hanya gula yang menjadi pemanis, Anda bisa menambahkan garam Himalaya pada seduhan kopi. Tambahan ini bisa membuat kopi lebih enak dan bermanfaat.

Garam Himalaya merupakan garam yang berasal dari pegunungan Himalaya. Garam ini memiliki warna merah muda yang cantik. Selain itu, manfaatnya pun banyak.

Garam ini dapat dicampurkan ke segala jenis makanan dan minuman. Salah satunya, bisa menambahkan garam Himalaya ke seduhan kopi.

Dilansir dari For Wellness, Minggu (31/12/23), berikut sederet manfaat menambahkan garam Himalaya ke seduhan kopi, antara lain:

1. Rasa kopi lebih nikmat

Banyak orang yang menyangka bahwa menambahkan garam ke seduhan kopi bisa membuat rasanya buruk. Faktanya, justru membuat rasa kopi jadi lebih nikmat.

Baca Juga: Polresta Tanjungpinang dan Pj Walikota dan FKPD Gelar Kesiapan Pos Pengamanan Jelang Nataru 2024

Apalagi kamu menambahkan jenis garam himalaya. Ion natrium dalam garam akan bersentuhan dengan kopi, sehingga memengaruhi rasa kopi di mulut.

Dengan tambahan garam Himalaya, rasa pahit kopi akan berkurang karena garam mempengaruhi reseptor rasa pahit di lidah.

2. Meringankan masalah pernapasan

Garam Himalaya merupakan jenis garam yang paling murni. Di dalamnya mengandung mineral yang dapat diserap ke dalam tubuh.

Mineral tersebut yang akan membantu mengatasi masalah pernapasan. Praktek ini telah dilakukan sebagai metode pengobatan pada zaman Yunani Kuno.

Menambahkan garam Himalaya pada kopi akan meningkatkan pernapasan. Dengan begitu pernapasan jadi lancar dan terasa lebih segar.

3. Membuat kulit lebih cerah

Kandungan mineral yang terdapat pada garam juga memberi manfaat pada kesehatan kulit. Misalnya, zinc yang akan berperan melawan jerawat serta memperbaiki jaringan yang rusak.
Tak hanya itu, juga ada kandungan belerang yang akan membantu menghidrasi kulit, membuat wajah lebih halus, dan bersih dari sebelumnya.

Jika kamu mengalami infeksi kulit, yodium dan kromium pada garam Himalaya akan melawannya. Karenanya rutin mengonsumsi kopi yang dicampur garam Himalaya.

4. Tidur lebih nyenyak

Minum kopi bisa membawa kamu terjaga dan menyebabkan gelisah. Itu karena kamu tidak mendapatkan cukup natrium dalam seduhan kopi.

Dengan menambahkan garam Himalaya justru akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Kamu akan terhindar dari insomnia, gelisah, dan jantung berdebar.

Tak hanya itu, garam Himalaya berperan melawan emisi kortisol pada tubuh, sehingga mencegah terjadinya stres. Dengan begitu, kualitas tidur akan terjaga.

5. Menurunkan berat badan

Menambahkan sejumput garam Himalaya ke seduhan kopi juga bisa membantu menurunkan berat badan. Berbeda dengan menambahkan garam biasa.

Garam biasa akan membuat tubuh kamu mempertahan kelembabannya, sehingga menyebabkan perut jadi kembung setelah makan makanan yang asin.

Adapun itu, garam Himalaya akan membantu tubuh mengeluarkan air yang tidak diinginkan. Ini akan membantu menurunkan berat badan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment