Jarang Didengar, Ini Sederet Khasiat Iodine bagi Tubuh

11 June 2024 - 08:00 WIB
Avogel

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Iodine merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Kebutuhan iodine harus dipenuhi sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan.

Namun, tubuh tidak dapat menghasilkan iodine secara alami. Untuk mencukupi kebutuhan mineral ini, Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun suplemen yang mengandung iodine.

Kekurangan iodine bisa menyebabkan tubuh kelelahan dan terasa dingin, sulit berkonsentrasi, serta rambut rontok. Tidak hanya itu, kurangnya asupan iodine dapat menimbulkan pembesaran kelenjar tiroid atau penyakit gondok.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (8/6/24), berikut sederet manfaat iodine bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menjaga kesehatan dan fungsi tiroid

Iodine merupakan mineral yang diperlukan oleh kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Dengan asupan iodine yang cukup, maka fungsi kelenjar tiroid akan berjalan dengan optimal dan mencegah terjadinya berbagai gangguan yang dapat memengaruhi fungsi kelenjar tiroid.

Hormon tiroid berperan dalam mengatur metabolisme tubuh, menstabilkan detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh.

2. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak

Iodine berperan dalam pembentukan sel-sel saraf dan otak, terutama pada janin dan anak-anak. Dengan mencukupi mineral ini, pertumbuhan dan perkembangan otak dapat lebih maksimal serta fungsi otak, seperti berpikir dan mengingat, dapat berjalan dengan optimal.

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil dan menyusui atau wanita yang sedang memulai program hamil untuk mencukupi asupan iodine.

3. Mencegah penyakit gondok

Penyakit gondok ditandai dengan munculnya benjolan di leher akibat kelenjar tiroid yang membesar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk tiroid yang tidak terkontrol atau tubuh yang kekurangan iodine.

Adapun itu, mencukupi asupan iodine membantu kelenjar tiroid untuk berfungsi dengan baik sehingga mengurangi risiko terkena penyakit gondok.

4. Mengobati luka

Iodine juga tersedia sebagai antiseptik topikal yang biasa disebut dengan povidone iodine. Cairan antiseptik ini bekerja dengan cara membunuh bakteri pada luka ringan dan goresan. Meski termasuk obat bebas, iodine tidak boleh digunakan sembarangan.

Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan antiseptik yang mengandung povidone iodine.

5. Mengatasi kanker tiroid

Iodine radioaktif (RAI) merupakan salah satu jenis pengobatan untuk kanker tiroid. Pengobatan ini dilakukan dengan cara mengonsumsi pil yang mengandung iodine atau yodium radioaktif dosis rendah.

Pil tersebut akan menghancurkan sel tiroid yang terlalu aktif dan mengatasi sel kanker tiroid yang sudah menyebar hingga ke organ lain.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment