Jangan Anggap Remeh, Terlalu Lama Terpapar AC dapat Timbulkan Dampak Negatif Bagi Kesehatan

13 October 2023 - 10:00 WIB
Foto: Kompashealth

Tribratanews.polri.go.id - Penggunaan Air Conditioning (AC) menjadi solusi pendingin ruangan yang banyak digunakan, terutama saat musim panas. AC biasa terpasang di ruangan kantor, kamar, hingga mobil.

Namun, terlalu lama terpapar AC memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Suhu dingin yang dikeluarkan AC bisa menimbulkan sejumlah masalah seperti dehidrasi dan gangguan pernapasan. Berikut efek samping terlalu sering mendapatkan paparan AC bagi kesehatan, Dikutip dari berbagai sumber.

1. Kulit Kering

Kulit kering dan gatal bisa menjadi masalah umum pada orang yang terlalu lama duduk di dalam ruangan ber-AC. Paparan AC yang berlebihan bersamaan dengan paparan sinar matahari dapat membuat kulit kering dan gatal. AC juga melemahkan kulit kepala yang dapat mendorong kerusakan rambut.

Orang mungkin mengalami kulit kering sebagai akibat dari banyak faktor termasuk perubahan suhu atau kelembaban. Kulit kering juga bisa menjadi tanda dehidrasi yang disebabkan oleh paparan AC terlalu lama. Kulit kering bisa terasa gatal, dan mungkin terlihat bersisik dan bergelombang atau bercak merah. Kulit dehidrasi juga akan tampak kusam atau kasar.

Menggunakan pelembap dan memenuhi kebutuhan cairan bisa membantu mengatasi kulit kering akibat terlalu lama di ruangan ber-AC.

Baca Juga: KPU Pastikan PKPU Batas Usia Capres Cawapres Sesuai Aturan Undang-Undang

2. Mata Kering

Salah satu penyebab mata kering adalah suhu ruangan yang terlalu kering. Mata kering adalah kondisi umum yang terjadi ketika air mata tidak dapat memberikan pelumasan yang baik untuk mata. Mata kering juga dapat terjadi ketika air mata menguap terlalu cepat. Udara kering seperti dalam ruangan ber-AC bisa menyebabkan mata kering.

Mata kering akan terasa lebih gatal dan mudah teriritasi. Terlalu lama di ruangan ber-AC bisa menyebabkan sindrom mata kering. Orang dengan sindrom mata kering juga sebaiknya tidak tinggal di AC terlalu lama.

3. Dehidrasi

Tingkat dehidrasi lebih tinggi bagi orang yang beraktivitas di ruangan ber-AC. AC bisa menghisap kelembaban terlalu banyak dari ruangan, ini menjadi penyebab dehidrasi. Saat AC diatur pada suhu yang sangat rendah, tubuh jadi sering merasakan haus.

Dehidrasi dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti sakit kepala, lesu, dan sembelit. Mengonsumsi banyak cairan dan makanan yang memiliki kadar air tinggi dapat mencegah dehidrasi selama berada di ruangan ber-AC.

4. Sakit Kepala

Berada di ruangan ber-AC memang nyaman Tetapi jika terlalu sering dapat menyebabkan kepala menjadi sakit. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah akan menyempit saat terpapar dengan udara dingin, salah satunya yang menuju otak. Akibatnya aliran darah menuju ke otak menjadi terhambat. Selain itu, saat terpapar AC, otot daerah wajah dan leher akan berkontraksi. Apabila diabaikan, kondisi ini akan menjadi semakin parah dan berpotensi mengalami migrain.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment