Berikut Beberapa Cara Bersihkan Paru-Paru dari Dahak

2 March 2023 - 06:00 WIB
rri.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menumpuknya dahak di saluran pernapasan, termasuk paru-paru, merupakan bentuk pertahanan terhadap infeksi yang disebabkan patogen seperti virus dan bakteri. Saat dahak dikeluarkan, pernapasan biasanya akan menjadi lebih lega.

Baca juga : Tenggorokan Sakit? Ini Penyebabnya

Seperti dilansir dari laman RRI, Selasa (28/2/23), ada beberapa cara menghilangkan lendir dari paru-paru dengan menghindari paparan racun dari asap rokok dan polusi udara, seperti ;

1. Lakukan drainase postural
Praktik ini dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru. Caranya dilakukan dengan berbaring pada posisi berbeda untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru.

2. Gunakan humidifier
Membersihkan paru-paru dari dahak lainnya adalah dengan menggunakan humidifier. Udara kering dapat membuat hidung dan tenggorokan teriritasi, sehingga menyebabkan produksi lebih banyak dahak sebagai pelumas.

3. Terapi uap
Teknik ini membantu membersihkan saluran udara dan mengeluarkan dahak. Uap dapat menambah kehangatan dan kelembapan pada udara, meningkatkan pernapasan, dan mengencerkan dahak.

4. Tarik napas dengan kain lembap
Basahi kain dengan air panas, lalu hirup uap yang keluar. Melembapkan kain dengan air panas dan menghirupnya dapat membantu mengembalikan kelembapan pada hidung dan tenggorokan.

5. Jaga kepala pada posisi tinggi
Jika akumulasi dahak sangat mengganggu. Maka cobalah tidur dengan posisi lebih tinggi.

6. Gunakan semprotan hidung
Semprotan garam dapat membantu membersihkan lendir dan alergen dari hidung dan sinus. Cari semprotan steril yang hanya mengandung natrium klorida, dan gunakan air steril atau suling saat membersihkan hidung.

7. Pakai minyak kayu putih
Minyak kayu putih digunakan selama bertahun-tahun untuk mengurangi batuk dan produksi lendir. Menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke air hangat untuk mandi membantu membersihkan hidung dari lendir berlebih.

8. Minum air yang cukup
Perbanyaklah minum air putih, tubuh yang terhidrasi akan meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga membantu menyembuhkan peradangan sekaligus menekan produksi dahak di paru-paru.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment