Inilah Tips Sehat Saat Menyantap Daging Kurban

29 June 2023 - 21:51 WIB
Foto: cnnindonesia

Tribratanews.polri.go.id - Olahan daging menjadi menu utama yang kerap disajikan saat hari raya, seperti Idul Adha. Namun, sebagian orang masih khawatir menyantap menu tersebut karena dapat menyebabkan kolesterol dan tekanan darah naik. Kamis (29/6/23).

Padahal kita tetap bisa menikmati makanan tersebut dengan cara yang sehat.

Berikut beberapa tips makan daging kurban Idul Adha yang sehat yang bisa diterapkan. Dilansir dari idntimes.com:

1. Pilih bagian daging tanpa lemak

Tips makan daging kurban Idul Adha yang pertama adalah saat akan memilih daging, sebaiknya pilih bagian tanpa lemak. Bagian daging seperti itu akan lebih sehat dikonsumsi.

Untuk daging sapi, jumlah lemak paling sedikit terletak pada bagian dalam seperti sirloin atau tenderloin. Sedangkan, daging kambing yang paling sedikit mengandung lemak terletak pada bagian punggung dan kaki.

2. Makan dengan nasi merah

Tips makan daging kurban Idul Adha yang kedua adalah jika biasanya menikmati daging dengan nasi putih, sebaiknya ganti dengan nasi merah.

Nasi sehat ini mengandung kadar gula yang rendah dan kaya serat. Sehingga, dapat membuat perut lebih kenyang dan gak bikin kalap. 

Baca Juga:  Suhu Arab Saudi Capai 48 Derajat Celcius Saat Puncak Ibadah Haji di Arafah

3. Lengkapi dengan sayuran atau buah

Tips makan daging kurban Idul Adha yang berikutnya adalah ketika mengonsumsi daging kambing, sebaiknya lengkapi dengan satu porsi sayuran.

Bisa juga mengonsumsi sayuran segar atau mentah, seperti timun, wortel, atau selada. Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan supaya pencernaanmu lancar. 

4. Hindari mengonsumsi kuahnya

Melihat kuah gulai yang kental dengan genangan minyak memang menggoda selera. Namun, sebaiknya hindari menyantap satu mangkuk gulai daging.

Cara mengatasinya, ambil lauk dengan piring kecil yang datar supaya kamu hanya bisa menampung sedikit kuah. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi asupan lemak, minyak, dan santan. 

5. Batasi porsi makan olahan daging

Saat makanan di rumah dipenuhi olahan daging, sebaiknya membatasi diri untuk mengonsumsinya. Hindari olahan daging untuk tiga kali makan dalam sehari.

Lebih baik makan daging sebanyak satu hingga dua potong saja per hari. Konsumsi menu sehat lainnya supaya mendapatkan gizi yang seimbang.

6. Minum teh hijau hangat

Tips makan daging kurban Idul Adha yang terakhir adalah sebaiknya minum teh hijau setelah mengonsumsi daging. Teh hijau bermanfaat untuk membunuh kolesterol jahat dan berfungsi sebagai antioksidan. Nikmati dalam keadaan hangat tanpa gula atau tambahkan irisan lemon supaya lebih segar.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment