Inilah Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh

17 December 2023 - 21:00 WIB
halodoc

Tribratanews.polri.go.id - Kentang merupakan sumber pangan yang baik karena mengandung serat, karbohidrat, vitamin C, dan kalium. Di dalam kentang juga terkandung protein, vitamin B6, dan asam folat. Selain karena nutrisinya, kentang rendah kalori serta tidak mengandung kolesterol dan natrium.

Berkat kandungan gizinya, ada banyak manfaat kentang yang bisa didapatkan. Meskipun dikenal sebagai sumber pangan yang kaya nutrisi, penting untuk diingat bahwa cara memasak kentang dapat memengaruhi kadar nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kentang untuk tubuh, dilansir dari alodokter, Sabtu (16/12/23) :

1. Meningkatkan energi
Kentang mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Di dalam tubuh, karbohidrat dipecah menjadi glukosa yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar agar tubuh lebih berenergi. Berkat manfaat kentang ini, kentang baik dikonsumsi untuk meningkatkan tenaga saat berolahraga.
Baca Juga: Apakah Diabetes Bisa Sembuh? Ini Penjelasannya

2. Mencegah dan mengatasi sembelit
Selain kandungan seratnya, kentang juga mengandung cukup banyak zat pati resisten yang dapat membantu melunakkan tinja di dalam usus besar. Kedua kandungan inilah yang menjadikan manfaat kentang dalam membuat BAB lebih lancar dan sembelit teratasi.

Selain itu, zat ini juga dapat berperan sebagai prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik (probiotik) di dalam usus. Dengan mengonsumsi kentang, keseimbangan bakteri baik di dalam usus akan terjaga dan fungsi pencernaan pun meningkat.

3. Mencegah anemia
Kentang merupakan salah satu makanan penambah darah yang dapat mencegah anemia. Manfaat kentang ini diperoleh berkat kandungan asam folat yang berperan dalam produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Vitamin B6 dan vitamin C pada kentang juga membantu penyerapan zat besi yang merupakan komponen utama dalam pembentukan hemoglobin.

4. Menjaga berat badan ideal
Manfaat kentang untuk diet juga cukup efektif. Zat pati resisten pada kentang akan dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga memberikan efek kenyang yang lama. Oleh karena itu, mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi dapat membuat nafsu makan lebih terkontrol.

Hal ini tentunya akan mencegah makan atau ngemil berlebih. Dengan demikian, jumlah kalori yang masuk ke tubuh akan berkurang. Jika disertai dengan olahraga rutin, berat badan pun dapat lebih mudah turun.

5. Mencegah kerusakan sel-sel tubuh
Kentang kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Kerusakan sel ini bisa menyebabkan beragam penyakit kronis, termasuk kanker.

6. Mencegah serangan jantung
Risiko serangan jantung maupun penyakit jantung yang lain dapat dikurangi dengan mengonsumsi kentang. Manfaat kentang yang satu ini diperoleh berkat kandungan mineral dan senyawa bioaktif yang dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang lebih terkontrol akan menurunkan risiko mengalami hipertensi yang merupakan pemicu terjadinya serangan jantung.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment