Inilah Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Bikin Perut Membuncit

12 June 2023 - 08:00 WIB
Foto: Alodokter

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kebiasaan sehari-hari turut memengaruhi naik dan turunnya berat badan. Termasuk di antaranya beberapa kebiasaan malam hari berikut yang bisa bikin perut buncit.

Jangan cuma salahkan makanan berkalori tinggi saat perut kian membuncit. Coba perhatikan lagi beberapa rutinitas harian kita. Bisa jadi, beberapa bagian dari rutinitas harian itu jadi salah satu penyebab perut yang kian membuncit. Minggu (11/6/23).

Faktanya, banyak faktor yang bisa turut memengaruhi berat badan. Minimnya olahraga dan pola makan yang kurang seimbang jadi dua faktor utama kenaikan berat badan.

Namun di luar minimnya olahraga dan pola makan tak seimbang, beberapa kebiasaan juga turut memengaruhi kenaikan berat badan. Dikutip dari cnnindonesia.com, berikut beberapa kebiasaan malam yang yang bisa bikin perut membuncit.

1. Minum susu sebelum tidur

Segelas susu hangat sebelum tidur dipercaya dapat membuat tubuh menjadi rileks dan mendorong tidur yang berkualitas. Tak heran jika banyak orang yang terbiasa minum susu sebelum tidur.

Namun di sisi lain, asupan susu sebelum tidur justru bisa menambah ukuran lingkar pinggang. mengonsumsi 350 mililiter susu saja dapat menambah 5,4 kilogram dalam beberapa bulan ke depan.

2. Sibuk menggulir media sosial

Hilangkan kebiasaan menggulir laman media sosial sebelum tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari gawai dapat menekan melatonin dan mengganggu ritme sirkadian.

Akibatnya, tidur malam pun jadi tak nyenyak. Sementara tidur tak nyenyak sendiri jadi salah satu pemicu kenaikan berat badan.

Kurang tidur membuat seseorang lebih mudah tergiur untuk mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Selain itu, tanpa tidur yang cukup, tubuh pun akan kesulitan mempertahankan metabolismenya.

3. Minum kopi sebelum tidur

Minum kopi beberapa jam sebelum tidur dapat membuat kita terjaga pada malam harinya. Akibatnya, tidur pun jadi kurang berkualitas.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan, asupan kafein enam jam sebelum tidur dapat mengganggu proses tidur semalaman.

Sementara itu, sudah bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur juga dapat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

Baca Juga:  Catat, Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Kol Goreng

4. Maraton nonton serial favorit

Menonton serial favorit memang kerap bikin ketagihan. Kebiasaan ini juga sering kali dilakukan pada malam hari.

Namun, kebiasaan begadang di malam hari untuk menonton serial dapat mendorong seseorang untuk tergiur oleh camilan yang tidak sehat dan bisa bikin perut membuncit.

5. Makan terlalu malam

Penting bagi kita untuk memberi jeda antara waktu makan malam dan waktu tidur. Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memicu kenaikan berat badan.

Idealnya, perlu makan malam setidaknya tiga jam atau lebih sebelum tidur. Kebiasaan makan terlalu dekat dengan waktu tidur di malam hari ditemukan dapat membuat perut membuncit akibat terganggunya ritme sirkadian yang mengacaukan proses metabolisme.

Selain itu, makan terlalu dekat dengan waktu tidur juga dapat memicu refluks asam lambung pada beberapa orang dengan GERD. Akibatnya, waktu tidur pun jadi berkurang.

6. Makan malam dengan porsi besar

Banyak orang kalap saat makan malam. Akibatnya, porsi makan malam pun jadi berlebihan, bahkan mengalahkan porsi sarapan.

Padahal, idealnya justru porsi sarapan lebih besar ketimbang makan malam.

Mengutip Prevention, studi menunjukkan bahwa porsi sarapan yang lebih besar membuat seseorang kehilangan lebih banyak berat badan dibanding mereka yang memiliki porsi besar untuk makan malam.

7. Leyeh-leyeh setelah makan

Tidur-tiduran di sofa sambil menonton televisi menjadi godaan paling menggiurkan setelah makan malam. Rasa kenyang membuat tubuh merasa lelah dan membuat keinginan untuk leyeh-leyeh pun semakin tinggi.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment