Hindari, Ini Sederet Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Minum Air

12 October 2023 - 07:15 WIB
Foto: Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi penting untuk lambung, manfaatnya bisa hilang jika dikonsumsi dengan cara dibarengi minum air putih.

Maksudnya, setelah makan makanan tersebut kamu langsung minum air putih. Hal tersebut bisa berbahaya karena akan mengganggu asam lambung, sehingga memperlambat pencernaan.

Dilansir dari Times of India, Selasa (3/10/23), berikut 5 makanan yang jangan dibarengi sambil minum air:

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang tidak boleh dikonsumsi dengan cara dibarengi dengan air. Itu karena pisang mengandung banyak serat larut.

Jika dikonsumsi dibarengi dengan minum air maka bisa mengencerkan cairan lambung di perut. Kondisi ini bisa berbahaya karena dapat memperlambat pencernaan.

2. Buah Citrus

Buah citrus, seperti jeruk, grapefruit, dan lemon juga tidak disarankan dikonsumsi berbarengan air. Itu lantaran buah citrus sudah banyak mengandung air.

Jika tetap dikonsumsi berbarengan minum air maka bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Perut akan terasa kembung. Karenanya tunggu beberapa menit sebelum minum air.

Baca Juga:  Bahaya BAB sambil Main Hp

3. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk susu yang mengandung probiotik. Ini bermanfaat untuk mendukung kesehatan usus. Namun, jangan langsung minum air setelah makan yogurt.

Minum air sesaat setelah makan yogurt bisa menghilangkan probiotik tersebut, sehingga efektivitasnya berkurang. Selain itu, disarankan untuk memilih yogurt yang kadar airnya sedikit.

4. Makanan Pedas

Biasanya orang yang kepedasan langsung minum air untuk menghilangkan rasa pedasnya. Namun ternyata, cara tersebut bisa berbahaya karena akan menimbulkan rasa tak nyaman.

Air justru dapat menyebarkan rasa panas dan memperburuk sensasi terbakar. Daripada langsung minum air, disarankan untuk minum susu untuk mendinginkan rasa terbakar.

5. Nasi

Saat makan nasi pun tidak sarankan langsung minum air putih. Minum air putih setelah makan nasi, apalagi dalam jumlah yang besar bisa mengencerkan asam lambung.

Padahal itu dibutuhkan agar sistem pencernaan lancar. Cara yang aman adalah dengan minum satu gelas air beberapa menit sebelum atau sesudah makan nasi.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment