Hadapi Wabah Flu Burung, Kemenkes Siagakan 195 Rumah Sakit Rujukan

7 March 2023 - 22:00 WIB
pmjnews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Hadapi kemungkinan flu burung yang disebabkan oleh virus H5N1 yang mewabah di Tanah Air, Kementerian Kesehatan sudah menyiagakan 195 rumah sakit (RS) rujukan. Hal tersebut disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi di Jakarta.

“Kita sudah siagakan 195 rumah sakit rujukan. Perawatan-perawatan di rumah sakit juga sudah kita siapkan, Meskipun kita berdoanya itu tidak dipakai karena flu burung,” jelas Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes dilansir dari laman pmjnews, Senin (6/3/23).

Baca juga : 6 Penyakit yang Menyerang Setelah Bencana Banjir. Apa Saja?

Menurutnya, Kemenkes langsung menyiagakan ratusan rumah sakit rujukan untuk Penyakit Infeksi Emerging (PIE) itu, setelah mendengar adanya temuan kasus dengan Highly Pathogenic Avian Virus (HPAI) H5N1 clade 2.3.4.4b dan 2.3.2.1c di beberapa titik di Kalimantan Selatan.

Kemenkes juga telah menyiapkan segala macam perawatan dan alat di rumah sakit tersebut untuk menjalankan tata laksana terkait dengan kasus flu burung terhadap manusia.

(bg/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment