Daun Putri Malu dan Segudang Manfaatnya

15 October 2024 - 06:45 WIB
iStock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Daun putri malu merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan, tetapi juga tumbuh di negara lain, seperti Asia, Australia, dan Afrika. Tumbuhan liar ini dikenal mampu merespons sentuhan dengan cara menutup daunnya. Hal ini diketahui sebagai bentuk pertahanan terhadap hewan pemakan tumbuhan yang ada di sekitarnya.

Daun putri malu mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat daun ini umumnya didapat dari berbagai kandungan senyawanya, seperti flavonoid, saponin, tanin, alkaloid, dan polifenol.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (14/10/24), berikut sederet manfaat daun putri malu bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Daun putri malu bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit. Manfaat ini berasal dari kandungan tanin dan saponin di dalamnya.

Senyawa tanin diketahui mampu mengikat air dan feses, sehingga bisa membantu mengatasi diare. Sementara itu, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa saponin dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Berbagai kandungan senyawa pada daun putri malu, seperti saponin, tanin, flavonoid, dan alkaloid, memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, daun putri malu diketahui bisa membuat luka menjadi cepat sembuh.

Tak hanya itu, kandungan flavonoid pada daun putri malu juga dapat meningkatkan produksi kolagen, yakni protein alami di dalam tubuh yang dapat membantu proses penyembuhan luka.

3. Menjaga kesehatan kulit

Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, daun putri malu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Tidak hanya itu, daun ini juga mengandung berbagai senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang sehingga dapat mencegah dan mengatasi jerawat.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun putri malu memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri, salah satunya vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan jumlah sel darah putih sehingga bisa melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

5. Mengatasi diabetes

Daun putri malu juga bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Manfaat ini didapat dari kandungan senyawa tanin, alkaloid, dan flavonoid di dalamnya. Senyawa tersebut bekerja dengan cara menurunkan kadar gula darah sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya diabetes.

Bahkan, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak daun putri malu dapat meningkatkan kinerja hormon insulin yang memengaruhi kadar gula darah di dalam tubuh.

6. Mencegah kanker

Tak hanya bermanfaat untuk mengatasi diabetes, kandungan flavonoid dan alkaloid pada daun putri malu juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Ini karena kedua kandungan tersebut bersifat antioksidan dan antiradang sehingga mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment