Dapat Cegah Penyakit, Ini Sederet Khasiat Susu Kefir bagi Tubuh

9 January 2024 - 20:30 WIB
Jovee

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Susu kefir merupakan minuman kental yang dibuat dengan cara fermentasi susu dan biji kefir, biasanya dibuat dari susu sapi atau kambing. Sedangkan biji kefirnya dibuat dari bakteri asam laktat, ragi, dan zat polisakarida.

Dari segi bentuk, susu kefir ini mirip dengan yoghurt yang bertekstur kental, dan rasa asamnya juga nyata di lidah. Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (7/1/24), ini 9 khasiat susu kefir bagi tubuh, antara lain:

1. Mencegah diabetes

Manfaat susu fermentasi ini mampu mencegah diabetes. Disebutkan bahwa kandungan dari susu tersebut dapat mengontrol kadar gula darah pada tubuh, sehingga diabetes pun dapat dicegah.

Seseorang yang mengonsumsi minuman ini memiliki kadar gula lebih rendah, dibandingkan orang yang mengonsumsi susu fermentasi lainnya.

Baca Juga: Jarang yang Tahu, Ini Sederet Khasiat Daun Pecah Beling bagi Kesehatan

2. Mencegah jantung koroner

Manfaat susu kefir lainnya yang dapat kamu rasakan adalah mencegah penyakit jantung koroner. Susu ini dapat menurunkan kadar dari kolesterol jahat secara signifikan.

Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang meminumnya secara rutin. Susu ini juga dapat memengaruhi tubuh kamu untuk memproses kolesterol.

3. Mengatasi diare

Di dalam sistem pencernaan (usus) mengandung bakteri yang baik dan jahat. Maka dari itu, kamu harus selalu menjaga keseimbangan bakteri tersebut.

Salah satu manfaat susu fermentasi ini adalah menjaga bakteri di sistem pencernaan tetap seimbang, sehingga kamu dapat terhindar dari diare. Susu ini dapat mengatasi diare yang terjadi akibat infeksi atau antibiotik.

4. Susu kefir dapat mencegah sembelit

Kandungan probiotik dalam minuman ini juga membantu kamu untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan lainnya, seperti sembelit. Jadi, tak ada salahnya mengonsumsi susu kefir jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan sembelit atau konstipasi.

5. Mencegah infeksi bakteri

Kefir memiliki sifat antibakteri di dalamnya. Probiotik tertentu dalam kefir juga mampu melindungi tubuh dari infeksi. Bahkan, probiotik dalam kefir juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan.

Melansir dari jurnal Foods yang berjudul Kefir and Its Biological Activities, minuman ini juga memiliki kandungan antimikroba. Kapasitas antimikroba berasal dari hidrogen peroksida, peptida, etanol, karbon dioksida, diasetil, dan asam organik. Seluruh kandungan tersebut mampu menghambat perkembangan patogen terutama pada mukosa usus.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Susu kefir mengandung kalsium dan vitamin K yang baik untuk kesehatan. Memenuhi nutrisi tersebut membuat kesehatan tulang menjadi semakin optimal. Ketika kesehatan tulang optimal, maka kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada tulang, seperti osteoporosis.

7. Mencegah penyakit kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan memicu kematian. Kandungan probiotik dalam susu kefir mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dengan meningkatkan sistem imun tubuh.

8. Mencegah reaksi alergi

Ada berbagai gejala yang terjadi ketika mengalami alergi, seperti kulit gatal, bersin, batuk, hingga pembengkakan pada bagian bibir atau wajah. Penelitian terbatas mengatakan mengonsumsi susu kefir mampu mencegah reaksi alergi menjadi lebih buruk.

9. Kefir rendah laktosa

Kebanyakan susu biasa mengandung laktosa. Banyak orang yang ternyata tidak dapat memecah dan mencerna laktosa dengan baik. Untuk itu, mengonsumsi susu fermentasi ini menjadi pilihan bagi orang yang mengidap intoleransi laktosa.

Itulah beberapa manfaat susu kefir bagi kesehatan, yang perlu kamu ketahui. Meski bermanfaat, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi susu kefir untuk menghindari efek negatif yang bisa terjadi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment