Dahsyat, Tumbuhan Liar Ini Ternyata Miliki Banyak Manfaat

10 September 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tempuyung dapat dikenali dari daunnya yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau, serta memiliki tepi daun yang bergerigi. Daunnya tumbuh mengelilingi batang dengan pola yang berselang-seling. Tempuyung juga memiliki bunga berwarna kuning dan berbentuk seperti bunga dandelion.

Tempuyung mengandung beragam mineral, seperti kalium, silika, magnesium, dan natrium. Tak hanya itu, tanaman ini juga menyimpan banyak senyawa yang terdapat pada tumbuhan, yaitu flavonoid, kumarin, taraksasterol, inositol, asam fenolat, kaempferol, luteolin-O-glikosida, dan apigenin.

Berkat nutrisinya ini, tempuyung berperan sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, antivirus, antidiabetes, antihistamin, antihipertensi, dan antihiperurisemia bagi tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (9/9/24), berikut sederet khasiat tempuyung bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meluruhkan batu ginjal

Salah satu manfaat paling terkenal dari daun tempuyung adalah kemampuannya untuk meluruhkan batu ginjal. Kandungan kalium, flavonoid, dan ekstrak etanol dalam daun tempuyung mampu melarutkan kristal kalsium oksalat yang sering menjadi penyebab utama terbentuknya batu ginjal.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Konsumsi tempuyung tidak hanya bisa meluruhkan batu ginjal, tetapi juga meningkatkan produksi urine untuk pembuangan zat sisa dari tubuh sehingga fungsi ginjal tetap berjalan optimal. Sifat antiradang pada tempuyung juga dapat mengurangi peradangan pada ginjal yang disebabkan infeksi atau kondisi lain.

3. Mengatasi gejala alergi

Tempuyung bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi gejala alergi. Kandungan flavonoid di dalamnya dapat mengurangi produksi histamin, yaitu zat yang memicu reaksi alergi dalam tubuh.

Tempuyung juga dapat memperkuat sistem imun, sehingga tubuh lebih mampu melawan alergen tanpa menimbulkan gejala yang berlebihan.

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Ekstrak etanol daun tempuyung dapat digunakan untuk menghambat hormon angiotensin, yaitu hormon yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah. Kadar angiotensin yang terlalu tinggi dapat memicu penyempitan pembuluh darah, sehingga risiko terjadinya hipertensi makin tinggi.

Jika kadar angiotensin terlalu rendah, pembuluh darah dapat melebar dan meningkatkan risiko terkena hipotensi. Tak hanya itu, kandungan kalium yang cukup tinggi pada tempuyung dapat menetralkan natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah pun bisa menurun.

5. Menurunkan kadar asam urat

Tempuyung merupakan obat asam urat alami. Kandungan flavonoid dan polifenol di dalamnya dapat mengurangi peradangan akibat kadar asam urat yang tinggi. Senyawa tersebut juga dapat menghambat aktivitas enzim xantin oksidase, yang berperan dalam produksi asam urat. Dengan begitu, kadar asam urat dapat menurun dan mencegah kambuhnya serangan asam urat.

6. Mengatasi disentri

Tempuyung bermanfaat untuk mengatasi disentri. Manfaat ini berasal dari senyawa antibakteri dan antiperadangan yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi di saluran pencernaan, termasuk disentri.

Tak hanya itu, daya tahan tubuh yang meningkat karena konsumsi tempuyung juga dapat membantu tubuh melawan infeksi lebih efektif.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment