Dahsyat, Ini Ternyata Manfaat Buttermilk bagi Kesehatan Tubuh

9 July 2024 - 08:00 WIB
Freepik

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Buttermilk umumnya digunakan untuk mengentalkan adonan kue, pancake, dan biskuit. Tak hanya itu, bahan ini juga bisa membantu memberikan tekstur yang lembut serta cita rasa khas pada makanan.

Buttermilk terdiri dari 2 jenis, yaitu buttermilk tradisional dan buttermilk terkultur. Kedua jenis tersebut dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan, tergantung pada selera dan kebutuhan.

Buttermilk tergolong rendah laktosa dan mengandung beragam nutrisi, seperti protein, serat, karbohidrat, dan vitamin. Selain itu, buttermilk juga mengandung sejumlah vitamin serta mineral, seperti vitamin K12, riboflavin, kalium, kalsium, dan fosfor.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (7/7/24), berikut sederet manfaat buttermilk yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Meningkatkan kekuatan tulang

Buttermilk dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang berkat kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya. Selain itu, buttermilk juga mengandung vitamin K2 yang berperan dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Penelitian pun menyebutkan bahwa orang yang mencukupi asupan fosfor, misalnya dari buttermilk, setiap hari dapat membangun dan memelihara tulang yang kuat.

2. Meningkatkan kesehatan mulut

Buttermilk juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan mulut. Manfaat ini dikaitkan dengan efek antiradang pada buttermilk yang membantu mencegah atau mempercepat peradangan tubuh, terutama pada sel-sel kulit yang melapisi mulut.

Kandungan kalsium di dalamnya dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya peradangan pada gusi dan jaringan sekitarnya (periodontitis).

3. Mengontrol kadar kolesterol

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi buttermilk dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini diduga karena senyawa sphingolipid di dalam buttermilk yang menghambat penyerapan kolesterol di usus.

4. Menurunkan tekanan darah

Berkat kandungan kalium di dalamnya, buttermilk dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buttermilk dapat mengurangi tekanan darah pada saat jantung berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh (tekanan darah sistolik).

Meski begitu, manfaat buttermilk dalam menurunkan tekanan darah masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment