Dahsyat! Ini Sederet Khasiat jika Rutin Meminum Teh Hijau Biji Chia

15 January 2024 - 07:15 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. hijau dan biji chia ternyata bisa diracik menjadi minuman yang menyehatkan. Jika rutin dikonsumsi bisa merasakan manfaat sehat ini.

Racikan minuman sehat bisa terbuat dari teh maupun campuran bahan lainnya. Seperti teh hijau yang populer dikonsumsi sebagai minuman diet.

Biasanya teh hijau ini diseduh dengan air panas saja. Sebagian orang juga mencampurkannya dengan madu atau lemon.

Kedua bahan ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan meraciknya sebagai minuman. Kamu bisa menyeduh teh hijau seperti biasa, kemudian tambahkan 1-2 sendok biji chia dan diamkan sebentar hingga sedikit mengembang. Setelah itu, barulah minum racikan teh biji chia ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (14/1/24), berikut sederet khasiat teh hijau biji chia, antara lain:

1. Kandungan Nutri

Diketahui kalau teh hijau dan biji chia memiliki manfaat yang menyehatkan. Ternyata, hal ini didukung dengan kandungan nutrisinya.

Dalam 240 ml teh hijau mengandung 2 kalori dan 1 gram protein. Teh hijau juga mengandung kandungan zat antioksidan yang tinggi.

Kandungan nutrisi pada biji chia (28 gram) terdapat 138 kalori. Verywell Fit juga menjelaskan kalau biji chia mengandung 12 gram karbohidrat, 8,7 gram lemak, 4,7 gram protein, dan 9,8 gram serat.

Baca Juga: Kapolda Kaltara Tegaskan Netralitas Polri dalam Pemilu 2024, Melanggar akan Disanksi

2. Meningkatkan Imunitas

Kandungan zat antioksidan pada teh hijau membuat racikan minuman ini dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Teh hijau dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena melindungi tubuh dari oksidan dan radikal.

Kandungan antioksidan yang kuat pada teh hijau ini disebut sebagai Epigallocatechin (EGCC). EGCC ini membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

3. Bisa Menurunkan Berat Badan

Kandungan katekin pada teh hijau membuat minuman ini cocok dikonsumsi rutin saat diet. Karena, zat ini dikaitkan dengan membantu penurunan berat badan.

Sementara biji chia mengandung tinggi serat yang membantu proses metabolisme tubuh. Sehingga berat badan bisa diolah dengan cepat.

Selain itu, biji chia juga dilengkapi dengan protein yang dapat meningkatkan rasa kenyang. Sehingga membantu kamu dalam menurunkan asupan kalori.

Tak hanya itu, protein membantu membangun massa otot. Kemudian, meningkatkan pembakaran lemak bila dibarengi dengan latihan kekuatan.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kedua bahan ini mengandung kalori yang rendah. Sehingga ketika dikonsumsi bersamaan juga tak akan menambah kalori secara signifikan.

Teh hijau disebut baik untuk penderita diabetes, karena membantu sistem metabolisme berfungsi lebih baik. Biji chia juga sehat dikonsumsi penderita diabetes, karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

5. Menyehatkan Pencernaan

Teh hijau dan biji chia terbukti memiliki beragam manfaat sehat, termasuk menyehatkan pencernaan. Diketahui kalau teh hijau kaya akan polifenol, katekin, dan antioksidan, serta membantu dalam meredakan gejala gangguan kardiovaskular dan gastrointestinal.

Biji chia juga sumber serat dan asam lemak omega-3 yang baik. Kandungan ini dapat mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan pencernaan.

Asam lemak omega-3 dan asam caffeic dalam biji chia dapat mengurangi peradangan pada usus. Hal ini dapat meringankan gejala IBS (Sindrom Iritasi Usus), seperti sakit perut, kembung, dan diare.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment