Dahsyat, Ini Sederet Khasiat Greek Yogurt bagi Kesehatan Tubuh

9 November 2023 - 08:00 WIB
BC Daily

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Greek yogurt merupakan salah satu sumber protein terbaik, yang juga mengandung beberapa vitamin dan mineral.

Yogurt ini teksturnya lebih kental dan rendah gula daripada yogurt biasa. Tak hanya itu, protein greek yogurt lebih tinggi daripada yogurt biasa.

Dilansir dari WebMD dan Medical News Today, Rabu, (8/11/23), berikut beberapa manfaat dari greek yogurt bagi kesehatan, antara lain:

1. Membantu Mencegah Anemia

Greek Yogurt menjadi sumber vitamin B12 yang sangat baik. Kandungan tersebut bermanfaat dalam membantu mencegah anemia, sekaligus menjaga kesehatan sel darah dan saraf.

2. Mengurangi Nafsu Makan

Greek yogurt mengandung banyak protein, yang bisa membantu membuat orang merasa kenyang lebih lama. Itulah alasan kenapa greek yogurt cocok dimakan saat sedang diet.

Dalam penelitian tahun 2005 yang dimuat dalam National Library of Medicine oleh David S Weigle, dkk, dari University of Washington School of Medicine, Seattle, menemukan bahwa peningkatan protein dalam makanan akan menyebabkan seseorang lebih sedikit mengkonsumsi kalori. Di mana, hal ini bisa berkontribusi pada penurunan berat badan yang lebih besar.

Baca Juga: Polda Riau Ungkap Kasus Pencabulan Anak di Bawah Umur di Pekanbaru

3. Membantu Meningkatkan Metabolisme

Dalam sebuah riset yang dimuat American Journal of Clinical Nutrition, mengungkapkan bahwa makanan tinggi protein bisa meningkatkan kalori yang dibakar tubuh seseorang per hari.

Mengkonsumsi greek yogurt sebagai bagian dari diet seimbang, akan membantu penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Greek yoghurt juga telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan trigliserida, yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Penurunan kadar itu lama kelamaan akan mengeraskan atau menyumbat arteri, yang menyebabkan penyakit jantung atau aterosklerosis.

Artinya, mengontrol kolesterol dengan yogurt ini bisa membantu menghindari penyakit jantung ataupun memperlambat perkembangannya.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Greek yoghurt memiliki probiotik, yang biasanya dihasilkan dari kultur bakteri hidup. Bakteri tersebut bisa membantu mendukung bakteri baik, yang sudah hidup di sistem pencernaan.

Mengkonsumsi probiotik seperti greek yogurt, bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan sistem pencernaan dan membantu mengatur pergerakan usus.

6. Membantu Menurunkan Risiko Diabetes

Makan greek yogurt juga bermanfaat dalam membantu mengurangi risiko diabetes.

Berdasarkan, analisis terbaru terhadap 11 penelitian menunjukkan bahwa jika dikonsumsi secara teratur greek yogurt membantu dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 14 persen.

Namun, terkait manfaat tersebut diperlukan lebih banyak penelitian untuk menjawab mengapa hal ini terjadi.

7. Membantu Mencegah Infeksi Vagina

Wanita maupun anak perempuan dari segala usia, bisa berisiko terkena infeksi jamur vagina, terutama infeksi Candida atau candidiasis pada vagina yang menjadi masalah umum dialami wanita penderita diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 8 ons yogurt ini setiap hari, bisa membantu mengurangi risiko infeksi.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian terkait manfaatnya dalam mencegah infeksi vagina.

Karena hal itu, lebih baik bicarakan dengan dokter jika kamu merasa mengalami infeksi jamur sebelum mengkonsumsi obat apa pun.

8. Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang

Yoghurt yunani mengandung sejumlah besar kalsium, yang berperan penting untuk kesehatan tulang. Kalsium merupakan mineral paling umum di tubuh dan sebagian besar ada di kerangka.

Mendapatkan kalsium yang cukup akan membantu mencegah osteoporosis, dan menjaga tulang untuk tidak mudah patah.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment