Dahsyat! 5 Manfaat Bunga Lidah Mertua Bagi Kesehatan Salah Satunya Cegah Kanker

25 October 2023 - 21:00 WIB
Foto: Koran Jakarta

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Bagi para pencinta suasana alami di dalam hunian, tanaman hias bisa menjadi bagian dari aksesori ruangan yang penting.

Tanaman lidah mertua merupakan tanaman terbaik untuk menghilangkan polutan dalam ruangan seperti benzena dan formaldehida. Selain itu tanaman ini juga dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat Bunga Lidah Mertua bagi kesehatan.

1. Penyerap Bau Tak Sedap

Tanaman ini bukan hanya berfungsi sebagai penghias ruangan, tanaman ini memiliki fungsi lebih bagi kesehatan yaitu dapat menyerap abu tak sedap.

Beberapa negara seperti China dan Prancis, ada menjadikan tanaman lidah mertua sebagai parfum. Menurutnya, bau yang ditimbulkan atau manfaat yang terkandung di dalamnya dapat dijadikan parfum.

Makanya, kalian perlu menanam lidah mertua ini di lingkungan rumah. Selain mudah merawatnya, manfaat yang didapat juga banyak.

2. Mencegah Kanker

Selain menyerap bau tak sedap ternyata tanaman ini juga dapat mencegah kanker.

Kemampuan lidah mertua dalam menyerap hingga menyingkirkan polutan udara beracun yang dapat menyebabkan kanker sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Pemicu terjadinya kanker seperti benzena, formaldehida, xilena maupun toluena menjadikan lidah mertua dipercaya dapat mencegah itu semua. Ini merupakan obat efektif untuk mengobati juga mencegah penyakit mematikan.

Baca Juga:  Dahsyat, Ini Sederet Khasiat Makan Buah Kaktus bagi Kesehatan Tubuh

3. Penghilang Polusi Udara

Selanjutnya, manfaat bunga lidah mertua bagi kesehatan dapat menghilangkan polusi udara, entah itu indoor dan outdoor.

Beberapa kajian mengklaim, polusi udara yang ada di dalam serta luar ruangan sama-sama mematikan.

Dari itu, untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, cara paling efektif untuk mencegah hal demikian yaitu dengan kamu membudidayakan tanaman lidah mertua di lingkungan rumah kalian.

4. Pemasok Oksigen

Adapun laporan teoritis, telah diterbitkan di Universitas Harvard, bahwa tanaman lidah mertua merupakan tanaman hias yang mampu memberikan cukup oksigen di lingkungan sekitar.

Adanya pemasok oksigen, hal ini dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan mencegah dari beragam penyakit berisiko.

5. Penyerap Karbondioksida

Terakhir dari manfaat bunga lidah mertua bagi kesehatan manusia adalah mampu menyerap karbondioksida di malam hari.

Hal semacam itu disebabkan oleh Crassulacean Acid Metabolism atau disingkat CAM. CAM mempunyai kemampuan melakukan jenis fotosintesis yang hanya bisa dilakukan oleh tumbuhan toleran kekeringan, iklim kering maupun pada tanaman sukulen saja.

Lidah mertua membuka stomata di malam hari dengan tujuan meminimalkan kehilangan air di dalam kondisi iklim panas.

Inilah ulasan yang bisa disampaikan mengenai manfaat bunga lidah mertua bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan membantu kalian di dalam mencari solusi di kehidupan sehari-hari.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment