Tak Hanya Buahnya, Ternyata Daun Mangga Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

25 October 2023 - 15:28 WIB
Tribun Kaltim

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Mangga adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Hal ini tidak terlepas dari rasanya yang lezat dan manis, sekaligus kemudahan mangga yang dapat diolah menjadi sejumlah hidangan.

Selain itu, mangga juga merupakan sumber mineral tembaga dan folat yang baik. Nutrisi ini merupakan asupan penting, terutama selama kehamilan. Sebab, folat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Namun Tak hanya buahnya, ternyata daun mangga juga memiliki mamfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa mamfaat daun mangga bagi kesehatan

1. Obati Diabetes

Selain buahnya yang banyak digemari, ternyata Daun mangga juga memiliki banyak manfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun mangga yang lembut mengandung fitokimia, yang dapat membantu mengobati diabetes.

Daun ini juga dapat membantu dalam mengobati angiopati diabetik dan retinopati diabetik. Rendam daunnya dalam secangkir air semalaman, Saring dan minum air ini untuk membantu mengurangi gejala diabetes.

Baca Juga: Polisi Pastikan Keamanan Gudang Logistik Pemilu di Lampung Selatan

2. Menurunkan tekanan darah

Selain dapat mengobati diabetes, Daun mangga juga dapat membantu menurunkan tekanan darah karena mempunyai sifat hipotensi. Daun ini membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati varises.

3. Mengatasi kecemasan

Mangiferin, kandungan fitokimia pada daun mangga mempunyai sifat anticemas yang mampu mengurangi rasa cemas yang dirasakan masyarakat akibat cemas.

Tambahkan dua hingga tiga cangkir teh daun mangga ke dalam air mandi untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan dan menyegarkan tubuh.

4. Mengobati batu ginjal dan batu empedu

Tidak hanya meredakan stres, Daun mangga juga berkhasiat mengobati batu ginjal dan batu empedu.

Asupan harian bubuk daun mangga yang digiling halus, dikeringkan di tempat teduh, dan airnya disimpan dalam gelas semalaman, membantu memecahkan batu dan mengeluarkannya.

5. Mengobati Gangguan Pernapasan

Untuk yang memiliki masalah gangguan pernapasan mengonsumsi daun mangga adalah langkah tepat, sebab hal ini sangat membantu mengatasi orang yang menderita pilek, bronkitis dan asma.

Konsumsi rebusan daun mangga yang direbus dalam air dengan sedikit madu membantu menyembuhkan batuk secara efektif. Selain itu daun mangga juga dapat mengembalikan suara yang hilang.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment