Cepat dan Mudah, Ini Sederet Cara Alami Turunkan Demam

16 July 2024 - 07:28 WIB
iStock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Saat demam, suhu tubuh dapat naik hingga lebih dari 38 derajat Celsius. Kondisi ini dapat terjadi mulai dari bayi hingga orang dewasa. Sebenarnya, demam adalah respons tubuh terhadap infeksi akibat patogen seperti virus, bakteri, atau parasit.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan demam termasuk radang tenggorokan dan flu. Tak hanya itu, demam juga dapat terjadi sebagai respons tubuh terhadap paparan cuaca ekstrem.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena demam dapat kamu atasi baik dengan meminum obat maupun dengan cara alami.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (13/7/24), berikut sederet upaya yang dapat Anda lakukan untuk menurukan deman, antara lain:

1. Perhatikan terlebih dulu

Demam sebenarnya bukanlah penyakit itu sendiri, melainkan respons alami dari tubuh sebagai bagian dari sistem kekebalan untuk melawan infeksi.

Sebagai respons alami, demam biasanya tidak perlu kamu obati secara langsung, terutama jika gejala masih ringan. Jadi, sebaiknya perhatikan terlebih dulu dan jangan mengonsumsi obat apa pun. Biasanya, demam bisa mereda dengan sendirinya secara alami.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Ketika demam, tubuh menghentikan produksi keringat agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan. Agar kelenjar keringat tetap aktif, kamu sebaiknya tetap mencoba untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

3. Mengompres tubuh

Mengompres tubuh dengan air dingin adalah salah satu metode alami yang efektif untuk membantu menurunkan suhu tubuh saat mengalami demam.

Caranya cukup mudah. Kamu cukup menempelkan kain basah ke dahi, pergelangan tangan, dan betis. Biarkan bagian tubuh lainnya tertutup. Biarkan kain tetap menempel selama sekitar 10-15 menit.

Ulangi proses ini setiap beberapa jam sekali, terutama jika suhu tubuh masih tinggi atau jika demam kembali setelah beberapa jam.

4. Menyeka tubuh

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyeka tubuh dengan menggunakan kain basah. Tempatkan kain tersebut di area ketiak dan area selangkangan.

Langkah ini bisa mengeluarkan suhu panas tubuh akan menguapkan kelembapan dan mendinginkan kulit.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment