Catat, Ini Sederet Tanaman Herbal yang Dipercaya Bikin Panjang Umur

30 October 2023 - 06:45 WIB
Foto: Shutterstock

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sejak dulu, banyak yang mengandalkan ramuan bahan alami atau herbal, karena sudah terbukti ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Tak hanya itu, herbal ini bahkan juga memiliki kemampuan memperpanjang usia . Banyak dari tumbuhan ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam berbagai penelitian ilmiah, yang menunjukkan potensi manfaat kesehatannya.

Dilansir dari Times of India, Minggu (29/10/23), berikut 5 bahan herbal yang bikin Anda panjang umur, antara lain:

1. Asparagus Liar

Shatavari atau asparagus liar digunakan untuk mengobati kondisi yang berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan infertilitas.

Ini digunakan untuk meningkatkan produksi prolaktin yang penting untuk menyusui. Bubuk shatavari bisa diminum dengan madu dan susu.

2. Ginseng India

Ginseng India terkenal karena kualitas adaptogeniknya. Hal ini diyakini dapat mengurangi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan vitalitas secara keseluruhan, berkontribusi pada hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Ginseng yang sering disebut sebagai Ashwagandha ini bisa Anda mengonsumsi ashwagandha dengan susu hangat.

Baca Juga: Jumat Curhat, Kapolda DIY Dengarkan Curhatan Serta Saran dan Masukan Dari Masyarakat 

3. Guggul

Guggul adalah damar yang diperoleh dari pohon mur mukul. Ramuan ini telah digunakan dalam Ayurveda karena sifat penurun kolesterol dan anti-inflamasinya.

Anda bisa mengonsumsi seperempat sendok makan guggul dengan air hangat terlebih dahulu di pagi hari.

4. Brotowali

Brotowali dikenal karena khasiatnya yang meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi ini secara rutin dapat melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi, sehingga meningkatkan umur seseorang.

Ambil satu sendok makan bubuk brotowali dengan air hangat. Anda juga bisa merebusnya dalam air.

5. Daun Kemangi

Daun kemangi kaya akan antioksidan dan diyakini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan panjang umur dengan mengurangi efek penuaan dan meningkatkan vitalitas. Anda bisa mengunyah beberapa lembar daun ini di pagi hari.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment