Catat! Ini 10 Cara Bersihkan Usus Kotor

25 August 2023 - 22:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Usus besar merupakan salah satu organ penting dalam sistem pencernaan. Kesehatan usus menjadi bagian yang penting bagi kesehatan pencernaan.

Seiring waktu, sisa-sisa makanan, racun dan zat-zat lain bisa mengakibatkan penumpukan kotoran dalam usus. Kondisi ini disebut sebagai usus kotor.

Lantas, bagaimana cara membersihkan usus kotor secara alami? Simak beberapa caranya berikut ini.

1. Hidrasi Tubuh

Dikutip dari healthline pada, Kamis (25/8/23), minum air putih dan membuat tubuh tetap terhidrasi adalah cara yang baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu adalah rutin makan makanan yang memiliki kandungan air tinggi, seperti sayur dan buah.

2. Minum Air Garam

Air garam atau oralit bisa menjadi pilihan bagi orang mengalami sembelit. Menurut sebuah studi pada tahun 2010, minum larutan garam suam-suam kuku secara berkala saat melakukan yoga lebih efektif dalam pembersihan usus sebelum kolonoskopi. Hal ini dibandingkan dengan meminum larutan pembersih khusus.

3. Diet Tinggi Serat

Serat merupakan makronutrien yang harus ada dalam makanan. Serat bisa ditemukan dalam makanan nabati utuh seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Pastikan untuk mengonsumsi banyak makanan berserat tinggi. Sebab, kandungan ini membantu kesehatan usus besar dan baik untuk bakteri usus.

4. Minum Jus dan Smoothie

Jus merupakan pembersih usus yang populer. Campuran jus mengandung serat dan nutrisi yang bermanfaat untuk pencernaan. Mengonsumsi buah bisa membantu meningkatkan mikrobioma usus dan pergerakan makanan melalui usus. Selain itu juga membantu mengurangi sembelit.

5. Mengonsumsi Probiotik

Baca Juga:  Telapak Kaki Sering Terasa Sakit? Ini Penyebabnya

Selanjutnya, cara untuk membersihkan usus besar adalah menambahkan probiotik ke dalam makanan. Contoh makanan yang kaya akan probiotik adalah yoghurt, kimchi, acar hingga makanan fermentasi lainnya.

Zat ini memperkenalkan bakteri bak ke usus dengan bantuan serat dan juga pati resisten. Probiotik mengekang peradangan dan meningkatkan keteraturan, dua unsur kesehatan pencernaan yang berhubungan dengan usus besar.

6. Minum Teh Herbal

Teh herbal bisa membantu kesehatan pencernaan melalui usus besar. Ramuan pencahar seperti lidah buaya dan akar marshmallow dapat membantu mengatasi sembelit. Namun sebelum itu, konsultasikan dulu dengan dokter jika ingin mencoba teh herbal untuk membersihkan usus.

7. Olahraga Secara Teratur

Menurut laman pemprov Jambi, lemak berlebih yang ada dalam tubuh bisa meningkatkan risiko kanker usus. Sehingga, penting untuk menjaga persentase lemak tubuh dalam batas yang normal. Salah satu cara mencapainya yaitu dengan berolahraga teratur.

Sebab, olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot dalam sistem pencernaan. Hal ini membuat gerakan makanan di saluran pencernaan lebih efisien.

8. Mengonsumsi Pati Resisten

Pati resisten mirip dengan serat. Jenis pati ini terdapat dalam makanan nabati seperti kentang, nasi, kacang-kacangan, pisang hijau dan biji-bijian.

Pati resisten mendukung usus besar yang sehat dan meningkatkan mikroflora usus. Namun jika mengikuti diet rendah karbohidrat, kamu bisa memilih opsi yang hanya sedikit menyebabkan lonjakan gula darah, seperti gandum utuh, pisang hijau dan lentil.

9. Teh Jahe

Dilansir dari MedicineNet, jahe dapat merangsang pencernaan. Kamu bisa mencampur teh sari jahe dengan madu dan air hangat. Konsumsi sekali atau dua kali sehari.

10. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang efektif membersihkan usus besar. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Tak hanya itu, masih dibutuhkan penelitian untuk mengetahui manfaat dari pembersihan usus. Kecuali seseorang melakukannya untuk sembelit atau prosedur medis seperti kolonoskopi.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment