Catat! Berat Badan Naik di Usia 17-29 Tahun Rentan Terkena Kanker Prostat

21 May 2023 - 14:00 WIB
Foto: Honest Docs

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Para peneliti Swedia mengungkapkan pria yang bertambah berat badan satu kg per tahun dari usia 17 hingga 29 tahun memiliki kemungkinan 27 persen lebih tinggi menderita kanker prostat.

Karena itu, para ahli menyebutkan, menjaga berat badan di masa dewasa muda dari usia 17 hingga 29 tahun bisa menjadi kunci untuk menghindari penyakit mematikan.

"Mengetahui lebih banyak tentang faktor penyebab kanker prostat adalah kunci untuk mencegahnya," ujar dr. Marisa da Silva dari Lund University di Malmo, Swedia dikutip dari laman The Sun, Sabtu (20/5/23).

Ia menambahkan, faktor risiko kanker prostat adalah bertambahnya usia, riwayat penyakit keluarga, dan beberapa penanda genetik. Itu semua tidak dapat dimodifikasi.

Tak hanya itu, mencegah kenaikan berat badan yang tajam pada pria muda sangat penting untuk pencegahan kanker prostat. Kanker prostat adalah jenis tumor yang paling umum pada pria Inggris, membunuh lebih dari 12 ribu setahun.

Studi yang dipresentasikan di European Congress on Obesity di Dublin, Irlandia melacak 258.477 pria yang berat badannya telah diukur setidaknya tiga kali antara usia 17 hingga 60 tahun.

Mereka semua bebas kanker ketika mendaftar dari tahun 1963 hingga 2014, dan ditindaklanjuti pada tahun 2019 untuk melihat apakah mereka mengembangkan penyakit tersebut.

Sekitar 23.348 didiagnosis menderita kanker prostat, dengan 4.790 meninggal. Pertambahan berat badan sebelum usia 30 dikaitkan dengan perkembangan kanker prostat dan kematian akibat penyakit tersebut.

Baca Juga:  Polisi Ungkap Modus Sindikat Dolar AS Palsu Dijual Secara Individual

Peneliti mengindikasikan hormon yang disebut insulin-like growth factor-1, yang lebih tinggi pada orang gemuk, bisa berada di balik peningkatan risiko.

"Studi baru ini menunjukkan dampak buruk dari kenaikan berat badan di awal masa dewasa pada pria di kemudian hari," terang Katharine Jenner dari Obesity Health Alliance.

Penelitian seperti ini adalah kunci untuk mencegah kematian akibat kanker prostat. Saat ini, seperti orang lain, anak muda dibombardir dengan iklan junk food dan penawaran khusus di setiap kesempatan.

Pemerintah harus memberlakukan pembatasan terencana pada iklan dan promosi junk food sebagai langkah pertama dalam perjalanan untuk membuat pilihan yang sehat menjadi opsi yang mudah bagi semua orang.

Simon Grieveson dari Prostate Cancer UK mengatakan, mempertahankan berat badan yang sehat dapat melindungi dari banyak jenis kanker.

"Tetapi penting untuk diingat bahwa kanker prostat dapat menyerang pria dengan segala berat, bentuk, dan ukuran badan," jelasnya.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment