Minyak Kemiri Bakar, Ini Sederet Khasiatnya yang Dahsyat

3 October 2024 - 07:28 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kemiri merupakan salah satu tumbuhan yang bijinya sering dimanfaatkan, baik dijadikan sebagai bahan masakan atau diambil minyaknya. Pemanfaatan biji kemiri ini tidak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya, seperti karbohidrat, protein, vitamin E, sodium, kalium, zat besi, dan zinc, yang ada di dalamnya.

Tak hanya itu, biji kemiri juga kaya akan omega 3 dan memiliki sifat antiperadangan yang dapat digunakan untuk merawat kulit dan rambut. Anda bisa menggunakan berbagai produk olahan biji kemiri, termasuk minyak biji kemiri bakar.

Namun, sebelum menggunakan minyak kemiri bakar, pastikan biji kemiri sudah diolah dengan baik karena biji kemiri yang mentah mengandung racun sianida yang berbahaya bagi tubuh.

Minyak kemiri bakar memiliki ragam manfaat yang baik untuk kulit dan rambut. Manfaat itu meliputi menumbuhkan rambut sampai menyembuhkan luka di kulit.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (1/10/24), berikut sederet khasiat minyak kemiri bakar bagi tubuh, antara lain:

1. Menumbuhkan rambut

Minyak kemiri bakar mengandung omega-3 serta zinc yang berfungsi untuk menumbuhkan rambut dan memperbaiki rambut yang kusam. Untuk merasakan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan minyak kemiri bakar secara merata ke rambut atau kulit kepala Anda.

2. Mencegah rambut rontok

Bila rambut sering rontok, Anda bisa menggunakan produk sampo yang mengandung minyak kemiri bakar yang dijual di toko kecantikan atau minimarket terdekat. Hal ini karena kandungan zinc pada minyak kemiri bakar mampu menghambat kerusakan rambut dan mempercepat pemulihan folikel rambut.

3. Mencegah penuaan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan omega-3 dalam minyak kemiri bakar juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) matahari. Paparan sinar UV mampu memunculkan tanda-tanda penuaan, seperti kulit keriput dan garis-garis halus. Dengan menggunakan minyak ini, tanda penuaan bisa ditunda.

4. Mengatasi jerawat

Anda bisa mengatasi jerawat dengan menggunakan minyak kemiri bakar. Hal ini karena minyak kemiri bakar mengandung zinc dan omega-3 yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Menyembuhkan bekas gigitan serangga

Digigit serangga, tidak dapat membuat diri Anda berubah menjadi superhero. Gigitan serangga justru dapat menyebabkan bentol, gatal-gatal, dan kemerahan pada kulit.

Untuk mengobati mengobati kondisi tersebut, Anda bisa mengoleskan minyak kemiri bakar. Minyak ini memiliki sifat antiradang yang ampuh mengobati bekas gigitan serangga.

6. Menyembuhkan luka

Apabila memiliki luka di kulit, Anda bisa memakai minyak kemiri bakar untuk menyembuhkannya. Hal ini karena minyak kemiri bakar mengandung zinc yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Namun, efektivitas minyak kemiri bakar ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment