Bikin Dehidrasi, Hindari Makanan Ini saat Musim Panas

28 April 2023 - 06:45 WIB
Foto: herstory.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi karena tubuh terus-menerus kehilangan cairan. Saat mengalami dehidrasi, fungsi tubuh tidak akan berjalan dengan baik.

Ada berbagai cara untuk mencegah dehidrasi akibat cuaca panas terik. Salah satunya dari jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan tertentu dapat membantu menjaga tubuh tetap dingin dan terhidrasi. Untuk itu, hindari jenis makanan yang bisa bikin dehidrasi.

Inilah jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada saat musim panas, seperti dilansir dari laman pmjnews, Kamis (27/4/23):

Baca Juga:  Wakapolri Bertolak ke Labuan Bajo, Cek Kesiapan Pengamanan KTT Asean

1. Makanan Tinggi Garam
Makanan dengan kadar garam yang tinggi menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kembung, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Bahkan, mengonsumsi garam lebih dari yang dibutuhkan dapat merusak ginjal.

Mengurangi asupan garam dalam makanan bisa menambah energi sepanjang hari. Karena mengonsumsi garam berlebihan menjadi dehidrasi.

2. Makanan Pedas
Makanan pedas akan memberikan pengaruh pada usus. Makanan pedas mengandung unsur-unsur yang berdampak buruk pada pitta dosha yang menyebabkan panas tubuh. Sehingga mengeluarkan keringat yang berlebih dan dapat menyebabkan bisul pada kulit.

3. Minuman Kafein
Minuman kafein panas menyebabkan suhu tubuh naik. Mengonsumsi kopi dan teh berkali-kali dalam sehari tidak bisa dianggap sebagai pilihan cerdas jika memikirkan kesehatan.

4. Gorengan
Makanan yang digoreng tidak terlalu bagus untuk kesehatan, tetapi juga tidak membantu menjaga tubuh tetap dingin. Sebaliknya, kandungan garam dan minyak yang tinggi dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi karena dapat merusak kesehatan usus.

5. Acar
Acar mengandung natrium dalam jumlah tinggi yang merupakan faktor utama dibalik dehidrasi. Acar juga dapat menyebabkan sakit perut atau gangguan pencernaan.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment