Anda Penderita Anemia? Inilah Buah yang Bisa Menambah Darah

11 March 2023 - 10:00 WIB
mitra.bukalapak.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Makan buah dipercaya dapat memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya sebagai penambah darah yang cocok untuk penderita anemia.

Ahli gizi dari Bangalore India dr. Anju Sood mengungkapkan, anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh.

Baca juga : Studi: Kurang Minum Ari Putih Bisa Percepat Penuaan Dini

Berikut sejumlah buah-buahan yang dapat bisa menambah darah, seperti dilansir dari pmjnews.com, Jumat (10/3/23): 

1. Pisang
Salah satu buah yang dikenal dengan harga terjangkau, ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pisang menjadi buah yang dikenal memiliki kandungan karbohidrat, kalium dan magnesium yang sangat tinggi.

Ternyata kandungan zat besi dalam pisang dinilai mampu mencegah penyakit anemia. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin memengaruhi produksi darah dalam tubuh.

2. Delima
Salah satu buah terbaik untuk meningkatkan jumlah darah Anda yaitu delima. Delima adalah sumber yang kaya zat besi, vitamin A, C dan E. Sehingga hemoglobin bisa naik saat menambahkan buah delima dalam diet harian. Karena satu gelas jus delima buatan sendiri setiap hari lebih baik daripada jus olahan lainnya.

3. Persik
Buah mungil kaya akan vitamin C dan zat besi. Di mana, vitamin C membantu dalam menyerap zat besi dan selanjutnya mencegah penggandaan sel darah merah yang rusak. Persik dinilai juga mampu mendorong penurunan berat badan, memperbaiki kulit dan juga meningkatkan kesehatan mata.

4. Pepaya
Buah yang murah meriah ini juga bisa meningkatkan vitamin C dalam tubuh. Sekitar 140 gram buah pepaya mengandung 53 mikrogram asam folat, yang mampu memenuhi kebutuhan harian sebanyak 13 persen.
Sementara itu, 145 gram pepaya menyediakan kandungan vitamin C sebesar 87 mg atau 97% dari kebutuhan harian. Sehingga bisa memenuhi zat besi dalam tubuh.

(ek/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment