Berikut Ini Manfaat Susu Kental Manis Untuk Tubuh

5 April 2023 - 08:00 WIB
Klikdokter

Tribratanews.polri.go.id - Susu kental manis sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia. Pada awalnya produk ini digunakan oleh masyarakat sebagai bahan tambahan dalam pembuatan makanan dan minuman, seperti kue, es krim dan kopi.

Namun, seiring perkembangan industri makanan dan minuman di dalam negeri, susu kental manis mulai digunakan secara luas sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan dan minuman.

Baca juga : Kemenkes Akan Sediakan Fasilitas Kesehatan Saat Mudik Lebaran 2023

Hal itu karena susu kental manis punya manfaat baik bagi tubuh. Antara lain, mengandung kalori yang dapat membantu memenuhi kebutuhan energi.

Terlebih, kalori susu kental manis terdiri dari karbohidrat dan lemak, yang dapat diubah menjadi sumber energi yang diperlukan oleh tubuh.

Di samping itu, kandungan nutrisi dalam susu kental manis juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga, sehingga dapat tetap aktif menjalani hari.

Lalu bagaimana dengan isu yang belakangan ini muncul bahwa susu kental manis bukan susu. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) beberapa waktu lalu sudah berkomentar soal isu tersebut. BPOM menegaskan, produk susu kental manis mengandung susu dan termasuk kategori susu.

Kali ini kita akan bahas manfaat susu kental manis diantaranya, dilansir dari beberapa sumber :

1. Sumber energi
Kandungan gula yang tinggi membuat susu kental manis menjadi sumber energi untuk beraktivitas. Kamu bisa mengonsumsinya saat akan melakukan aktivitas berat selama satu hari. Kamu bisa dapatkan energi lebih hanya dengan penyajian terkecil dari makanan dan minuman yang memakai susu kental manis.

Kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman dengan susu kental manis di kala pagi atau menjelang siang. Rasa manisnya pun akan membangkitkan mood sehingga kamu bisa melakukan aktivitas dengan lebih santai.

Berkat manfaatnya yang bisa membangkitkan energi, kamu pun bisa mengonsumsinya sebelum berolahraga. Namun, pastikan olahraga yang kamu lakukan memiliki intensitas menengah atau tinggi. Dengan begitu, tidak ada kalori yang akhirnya tersimpan lagi di dalam tubuh karena tidak terpakai, ya.

2. Membantu meningkatkan berat badan
Untuk sebagian orang, menaikkan berat badan bisa dibilang cukup sulit. Tidak heran program diet untuk menambah berat badan juga sangat laris untuk banyak kalangan. Meningkatkan berat badan pun tidak sekadar makan dalam jumlah banyak saja, loh.

Cara terbaik untuk menjaga berat badan supaya tidak terlalu kurus dan langsing adalah mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Susu kental manis merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, khususnya pada bagian kalori, karbohidrat, kalsium, dan vitamin.

Rasa yang enak pun membuat kamu bisa meningkatkan berat badan dengan lebih nyaman. Namun, tetap batasi konsumsinya karena kelebihan berat badan juga tidak baik untuk kesehatan.

3. Menghilangkan rasa pedas
Makanan pedas memang menjadi kenikmatan saat dikonsumsi. Rasa pedas pun bisa membantu menambah nafsu makan. Tentu saja cocok untuk kamu yang sedang kurang enak badan dan butuh asupan makanan yang besar.

Sayangnya, rasa pedas juga bisa meninggalkan rasa tidak nyaman di mulut. Panas dari makanan pedas pun akan membuat kamu berkeringat yang kadang bisa membasahi pakaian. Bukan hanya itu, makanan pedas juga bisa berujung pada pencernaan yang terganggu. Perut kamu bisa mulas dan buang air besar yang berlebihan.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah mengonsumsi makanan berbahan susu kental manis. Kamu bisa memilih sirup buah, kopi susu, hingga teh susu yang manis dan nikmat. Minuman-minuman tersebut akan langsung meredakan rasa panas yang muncul setelah makan masakan pedas.

Mengonsumsi minuman dingin berbahan susu kental manis dingin akan membantu juga meredakan pencernaan yang bermasalah. Beberapa masakan pedas biasanya berminyak dan berlemak. Nah, kandungan susu tersebut bisa membantu mencuci minyak yang terdapat di organ pencernaan.

4. Membantu memenuhi kebutuhan mikronutrien
Susu kental manis memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Kandungan ini pun bisa sangat bermanfaat untuk tubuh. Di samping itu, kamu pun bisa mendapatkan mikronutrien dalam susu kental manis.

Sejumlah merek susu kental manis memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, D, dan E. Di samping itu, ada juga kandungan kalsium, natrium, dan fosfor. Kandungan ini juga yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

5. Membuat tubuh lebih segar
Selain sebagai sumber energi, susu juga bisa membuat kamu lebih terjaga. Susu kental manis membantu tubuh lebih segar. Karena itulah, susu kental manis jadi bahan makanan yang cocok dikonsumsi kala sarapan.

Beberapa menu sarapan yang bisa dicampur dengan susu kental manis adalah pancake, oatmeal, smoothies, dan roti bakar.

(ek/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment