Begini Cara Mengatur Pola Tidur Sehat Selama Puasa

5 April 2023 - 06:40 WIB
Republika

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Banyak masyarakat merasa kesulitan menjaga pola tidur selama puasa di bulan Ramadan. Dengan pola tidur teratur, pastinya dapat menjaga kesehatan tubuh. Jika pola tidur hingga pola makan teratur, maka kesehatan tubuh akan terjaga. Sehingga kewajiban melaksanakan 30 hari puasa selama Ramadan diyakini mampu dijalankan dengan lancar.

Dikutip dari rri.co.id, Selasa (4/4/23), ada beberapa tips dan cara menjaga pola tidur yang dapat menjaga metabolisme tubuh. 

Baca juga : Menkes: Vaksin Covid-19 Tidak Diperlukan jika Status Endemi

1. Hindari Makan Berlebihan
Dokter dan spesialis di Hamad Medical Corporation (HMC) mengatakan, makan berlebih saat berbuka puasa bikin kadar gula meningkat. Karena dampaknya akan buruk pada kualitas tidur.

2. Adaptasi Perubahan Waktu Makan
Umat muslim yang berpuasa harus menjaga pola tidur dan makan yang teratur. Terlepas dari perubahan gaya hidup yang terjadi selama Ramadan.
Karena banyak orang sulit beradaptasi dalam mengatasi perubahan waktu tidur dan makan di bulan Ramadan. Perubahan waktu makan dan kualitasnya dapat mempengaruhi jam biologis tubuh dan mempengaruhi jadwal tidur.

3. Atur Ulang Waktu Tidur dan Hindari Minuman Berkafein
Umat muslim yang berpuasa harus mampu mengatur ulang waktu tidur dan bangun secara bertahap. Jangan lupa, mengurangi konsumsi minuman berkafein.

4. Perbanyak Baca dan Dengar Ayat Al Quran
Praktik-praktik tersebut dapat berupa membaca atau mendengarkan ayat-ayat suci Al Quran. Lalu, mandi air hangat sebelum tidur atau melakukan beberapa latihan yoga ringan.

(ek/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment