Berikut Cara Alami Untuk Membersihkan Karang Gigi Secara Alami dan Bisa Dilakukan Dirumah

24 August 2023 - 08:00 WIB
Alodokter

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Pada umumnya orang - orang akan lebih memilih ke dokter untuk membersihkan karang gigi. Pasalnya selain merusak gigi dan membuatnya terlihat kotor, pada beberapa kasus, karang gigi juga bisa bikin bau mulut.

Selain itu, karang gigi yang tidak dibersihkan juga bisa membuat gigi rusak karena bakteri yang menggerogoti gigi Anda. Saat ini terjadi, bisa muncul penyakit gusi, seperti radang gusi atau penyakit periodontal yang lebih serius.

Sebagian banyak orang berpikir membersihkan karang gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter. Padahal bisa juga melakukannya sendiri di rumah. Cara ini bisa dilakukan kapan saja, dan tentunya gratis karena tak perlu membayar biaya perawatan ke dokter.

Baca Juga: Pulau Mandeh Sumatera Barat, Destinasi Laut Yang Mempesona Raja Ampat-nya Sumatera Barat

Dikutip dari cnnindonesia.com, Rabu (23/8/23), berikut cara membersihkan karang gigi secara alami dan bisa dilakukan di rumah:

1. Pakai bubuk soda kue atau baking soda
Soda kue bisa mencegah dan mengobati penumpukan karang gigi. Baking soda ini memang mengandung natrium bikarbonat yang membantu melembutkan karang gigi. Bukan hanya itu baking soda juga bisa menyeimbangkan asam di mulut yang membuat plak berhenti berkembang menjadi karang gigi. Tapi ingat, jangan menggunakan baking soda terlalu banyak karena bisa merusak enamel gigi.

2. Cuka putih
Berkumur dengan cuka juga bisa membantu menghilangkan karang gigi. Cuka mengandung anti bakteri alami yang membantu demineralisasi atau melembutkan karang gigi.
Anda bisa berkumur dua kali sehari dengan cara mencampur dua cangkir air hangat dengan dua sendok teh cuka putih serta sedikit garam. Berkumur menggunakan campuran ini setelah atau saat menyikat gigi.

3. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat antibakteri. Hal ini membuat tanaman tersebut bisa mencegah plak dan menghilangkan penumpukan karang gigi.
Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi, artinya baik untuk masalah gusi. Gunakan campuran lidah buaya dan air sebagai obat kumur setiap hari.

4. Jangan lupa sikat gigi
Menyikat gigi secara teratur yakni dua kali sehari sangat penting dilakukan. Sebaiknya waktu yang digunakan untuk menyikat gigi adalah dua menit.
Penting juga memerhatikan bulu sikat yang digunakan. Pakai yang lembut dan berukuran kecil agar bisa masuk ke rongga-rongga paling kecil di mulut.

5. Jangan sepelekan makanan yang dikonsumsi
Bakteri di mulut bisa tumbuh subur karena makanan manis dan bertepung. Tetapi, bakteri bisa melepaskan asam berbahaya saat terpapar makanan-makanan tersebut.
Cobalah mengonsumsi makanan sehat dan batasi jumlah makanan manis. Sikat gigi dan minum banyak air setelah makan.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment