Berbahaya, Ini Sederet Dampak Screen Time jika Tak Dibatasi

6 March 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Screen time merupakan waktu yang digunakan untuk menatap layar perangkat elektronik, untuk keperluan hiburan, bukan untuk urusan pekerjaan atau sekolah. Jadi, penggunaan gadget untuk belajar maupun bekerja tidak termasuk waktu screen time, ya.

Sebenarnya, penggunaan gadget untuk hiburan dan refreshing boleh-boleh saja dilakukan, asalkan tidak berlebihan. Ini karena screen time yang terlalu lama bisa memengaruhi kesehatan. Oleh sebab itu, dampak screen time berlebihan dan cara membatasinya perlu diketahui.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (5/3/24), berikut sederet dampak yang terjadi ketika screen time dibiarkan berlebihan, antara lain:

1. Berat badan naik

Keasyikan nonton atau bermain game hingga berjam-jam bisa membuat waktu luangmu berkurang. Akibatnya, waktu yang bisa dipakai untuk aktif bergerak atau berolahraga malah habis untuk screen time. Jika kebiasaan ini dibarengi dengan ngemil berlebihan atau pola makan tidak sehat, berat badan bisa naik, lho.

2. Kurang tidur

Baca Juga: Polda Kep. Babel Berikan Bansos kepada Masyarakat Pesisir Pulau Semujur

Terlalu lama menghabiskan screen time pada malam hari bisa mengganggu waktu tidur. Ini tidak baik bagi kesehatan karena esoknya kamu akan merasa lelah dan sulit fokus. Jika terlalu sering bergadang karena screen time berlebihan, hal ini bisa membuatmu susah tidur atau bahkan insomnia.

3. Nyeri punggung dan leher

Screen time berlebihan dengan bermain gadget bisa membuat seseorang terbiasa menunduk untuk melihat gadgetnya. Sementara itu, kalau dilakukan sambil berbaring, biasanya posisi kepala dibuat lebih tinggi agar lebih nyaman. Kedua hal tersebut bisa membuat posisi leher tertekuk lama sehingga menyebabkan nyeri leher dan punggung.

4. Mata lelah

Screen time berlebihan bisa membuat mata lelah sehingga menimbulkan gejala berupa mata berair, pegal atau nyeri, dan mata merah. Ini karena cahaya biru dari penggunaan smartphone atau gadget akan membuat mata bekerja ekstra sehingga mata jadi kelelahan.

5. Kecanduan gadget

Jika screen time tidak dibatasi, hal ini lama-kelamaan bisa mengakibatkan kecanduan gadget. Akibatnya, kamu akan sulit atau bahkan tidak bisa hidup tanpa menggunakan gadget meskipun hanya sebentar. Jika sudah demikian, produktivitas pun akan terganggu.

Sementara pada anak-anak, kecanduan gadget bisa membuat mereka menjadi kurang empati, sulit berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang lain, dan cepat tantrum ketika tidak diberi screen time.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment