Ampuh Redakan Rasa Cemas, Coba Sederet Menu Sarapan Ini

18 October 2024 - 07:15 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Mengonsumsi makanan yang tepat pada pagi hari dapat meningkatkan suasana hati. Coba konsumsi menu sarapan ini sebagai pereda cemas.

Hubungan antara rasa cemas dengan konsumsi makanan sebenarnya belum dipahami dengan baik. Diperlukan penelitian yang lebih kuat untuk memahami hal tersebut dengan lebih komprehensif.

Kendati demikian, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi dan kebiasaan makan tertentu dapat memberikan efek positif terhadap kecemasan.

Misalnya asupan vitamin B6 yang berkhasiat membuat suasana hati lebih stabil. Lalu ada probiotik yang bagus untuk usus dimana usus berkaitan erat dengan hormon yang terkait suasana hati.

Dilansir dari Huffington Post, Kamis (17/10/24), berikut sederet menu pagi hari yang ampuh redakan kecemasan, antara lain:

1. Alpukat

Alpukat mengandung serat dan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk kesehatan otak. Selain itu, alpukat juga mengandung mikronutrien seperti vitamin B6 yang dapat menstabilkan suasana hati dan magnesium yang membantu mengatur respons stres tubuh.

"Alpukat sangat serbaguna dan kaya akan segalanya," ujar ahli diet, Maya Feller.

2. Telur

Makan telur secara utuh di pagi hari. Bagian kuning telur mengandung mineral seperti kolin dan zinc yang dikaitkan dengan tingkat kecemasan lebih rendah. Sebaliknya, kekurangan zinc telah terbukti dapat memicu kecemasan.

Tak hanya itu, kandungan protein dalam telur juga membantu menstabilkan gula darah. Lonjakan gula darah sendiri diketahui mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol yang dapat memperburuk kecemasan.

3. Yogurt

Penelitian pada tahun 2015 menemukan hubungan antara makanan probiotik seperti yogurt dengan mengurangi kecemasan sosial.

"Mengonsumsi makanan yang mendukung pertumbuhan bakteri baik seperti yogurt dianggap dapat mendukung kesehatan usus dan otak," tuturnya Feller.

Salah satu pasalnya adalah sebagian besar serotonin yang terletak di lapisan usus. Kadar serotonin yang rendah dapat memicu kecemasan dan masalah mental lainnya.

Namun, jangan lupa pilih yogurt tanpa perasa dan gula tambahan. Anda bisa padukan yogurt dengan potongan buah yang menyegarkan.

4. Oatmeal

Karbohidrat kompleks, seperti gandum, dicerna lebih lambat daripada karbohidrat sederhana seperti nasi dan roti putih. Karbohidrat kompleks membantu mempertahankan gula darah yang lebih stabil.

Dengan gula darah yang stabil, tubuh terhindar dari pelepasan hormon adrenalin dan kortisol yang bisa memicu stres.

5. Buah beri

Berbagai buah beri kaya akan vitamin C, senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi kadar kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

Anda bisa menjadikan smoothie buah beri di pagi hari sebagai menu sarapan.

"Beri bersifat antiperadangan. Anda dapat menambahkan yofurt tanpa pemanis atau kefir [saat membuat smoothie] untuk mendapatkan manfaat tambahan yang diberikan makanan fermentasi bagi mikrobioma dan suasana hati," terangnya Feller.

Demikian beberapa makanan di pagi hari yang bisa mengurangi kecemasan. Konsumsi makanan di atas agar suasana hati terjaga sepanjang hari

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment