Alami Flu, Coba Konsumsi 7 Makanan Ini

24 February 2023 - 07:00 WIB
rri.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pada musim hujan yang akhir-akhir ini sedang terjadi, kebanyakan orang terserang penyakit flu. Flu dan pilek tentu memiliki gejala yang sama, sehingga sulit membedakan kondisi kedua penyakit ini. 

Infeksi virus flu pada saluran pernapasan dapat memicu respons peradangan ekstrem dalam tubuh. Flu juga dapat memperburuk masalah medis kronis yang sudah ada sebelumnya. Beberapa orang mungkin menemukan obat flu alami untuk membantu.

Baca juga : Studi: Aktivitas Sehari-hari Pengaruhi Kesehatan Otak

Selain konsumsi obat, ada beberapa perawatan rumahan yang bisa diaplikasikan, dirangkum berbagai sumber seperti dilansir dri rri.co.id Kamis (23/2/23), yaitu: 

1. Sup
Konsumsi sup ayam hangat dapat membantu meredakan flu. Sup hangat dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan menjadi suplai untuk kebutuhan hidrasi dan elektrolit tubuh. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa sup ayam juga dapat mengubah pergerakan sel darah putih di tubuh. Tidak hanya itu, sup ayam hangat juga dapat mengurangi peradangan yang sedang menyerang ditubuh kita.

2. Madu
Banyak obat batuk dan flu alami mengandung madu, sebab madu adalah penyembuh batuk yang efektif. Caranya, dengan menambahkan beberapa sendok teh madu atau makan sesendok kecil jika anda sedang mencoba untuk menghentikan batuk.

3. Jahe
Masukkan beberapa irisan jahe ke dalam teh atau segelas air hangat, dan minum. Jahe memiliki sifat penyembuhan yang dapat meredakan sakit tenggorokan dan menekan gejala batuk. 

Selain itu, membantu menyembuhkan sensasi mual pada kondisi perut yang tidak baik ketika flu. Lebih hangatnya lagi, jehe bisa dibakar sedikit sebelum dimsukkan kedalam air hangat atau teh.

4. Probiotik
Tingkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus saat tubuh sedang melawan infeksi. Mikrobioma usus yang sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi baru, dan meningkatkan penyembuhan.

Tentu saja, istirahat juga merupakan bagian penting untuk pulih dari infeksi flu. Tubuh sedang berjuang keras melawan infeksi. Dan sangat baik jika anda beristirahat dan tidur lebih banyak ketika sedang mengalami flu. Sehingga sistem kekebalan tubuh dapat lebih maksimal melawan infeksi.

5. Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C adalah nutrisi penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengembalikan vitalitas saat sakit. Tubuh dapat menyerap nutrisi seperti vitamin C dengan lebih efektif dari makanan yang kamu makan. Pertimbangkan untuk mengonsumsi buah kaya vitamin C saat sedang flu. Beberapa buah yang tinggi vitamin C antara lain stroberi, tomat, dan buah jeruk.

6. Makanan Pedas
Menjelang akhir flu, anda mungkin mengalami peningkatan sinus dan penyumbatan dada. Banyak orang belum mengetahui jika mengonsumsi makanan pedas dapat membantu mengurai penyumbatan. Sehingga nantinya anda bisa bernapas lebih baik. Namun, hindari makanan pedas saat kamu sedang sakit tenggorokan.

7. Sayuran Hijau
Bayam, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan saat sedang flu. Jenis sayuran ini memiliki vitamin C dan vitamin E, nutrisi peningkat kekebalan lainnya. Pertimbangkan untuk menggabungkan sayuran berdaun hijau dengan buah dalam smoothie. Atau anda juga bisa memakan sayuran hijau mentah dengan sedikit lemon dan minyak zaitun.

(rz/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment