5 Tanaman Wangi Semerbak yang Ampuh Usir Kecoak dari Rumah

30 September 2023 - 16:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id -  Jakarta. Untuk para pencinta tanaman rumah, ada 5 tanaman yang bisa menjadi solusi untuk cara mengusir kecoak di rumah tercinta.

Kecoak adalah salah satu jenis serangga yang umum ditemukan di dalam rumah. Kecoak biasanya menandakan lingkungan rumah yang kotor.

Saat ini lagi dalam musim kemarau, serangga seperti kecoak bisa keluar dari sarangnya mencari area yang lebih lembap. Sudut-sudut basah dan lembap di dalam rumah bisa jadi tempat terbaik bagi kecoak untuk bertelur.

Berikut 5 tanaman pengusir kecoak yang bisa Anda taruh di sekitar rumah, melansir A to Z Animals.

1. Rosemary

Tidak hanya menjadi bumbu masakan, rosemary juga jadi tanaman yang ampuh untuk mengusir banyak serangga di rumah. Aroma rosemary yang kuat akan dibenci kecoak.

Selain aroma yang menyengat, rosemary juga bisa sangat beracun bagi serangga seperti kecoak dan sejenisnya.

Kalian bisa menaruh tanaman rosemary di dalam ruangan. Atau bisa membuat semprotan dari campuran air dan minyak esensial beraroma rosemary.

Baca Juga:  Manfaat Susu Kambing Etawa, Kaya Nutrisi dan Berkhasiat untuk Kesehatan

2. Catnip

Merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Asia ini telah dikenal sebagai obat alami sejak lama. Catnip merupakan ramuan alami yang bisa menenangkan hewan seperti kucing.

Dalam tanaman catnip mengandung bahan kimia nepetalactone yang menimbulkan euforia, secara alami juga dapat membantu mengusir hama seperti kecoak dan sejenisnya. Tanaman ini bisa ditanam di dalam atau di luar ruangan.

3. Mint

Salah satu tanaman ini bisa ditanam di dalam dan luar ruangan. Mint banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau mengobati masalah kesehatan tertentu.

Tidak hanya masalah kesehatan, tanaman mint ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara ampuh mengusir serangga seperti kecoak dan sejenisnya. Aroma daun yang kuat bisa membuat kecoak tidak betah dan lari dari tempatnya.

4. Krisan atas Seruni

Merupakan tanaman berbunga indah dipandang yang berasal dari daratan Asia dan Eropa. Tanaman ini biasanya menghasilkan bunga berwarna cerah.

Tidak hanya cantik tanaman ini juga punya kemampuan mengusir berbagai jenis serangga seperti kecoak, semut, dan kutu. Aroma dan kandungan piretrin dalam krisan secara alami dapat membantu mengusir serangga.

5. Lavender

Sudah familiar sekali nama tanaman ini bukan hanya sebagai bunga yang indah dipandang tetapi merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki aroma paling kuat dan dipercaya mampu menenangkan pikiran dan memberikan rasa rileks pada tubuh.

Tidak hanya itu, lavender juga tidak disukai serangga dan keberadaan aroma terabit membuat serangga seperti kecoak akan keluar dari rumah kalian.

Demikian beberapa tanaman yang patut kalian simpan di dalam rumah kalian.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment