Wujudkan Harkamtibmas, Polisi Bentuk Pengamanan Swakarsa di Polda Sulbar

30 May 2023 - 17:00 WIB
Foto: iNews

Tribratanews.polri.go.id - Mamuju. Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) akan memberdayakan peran pengamanan masyarakat swakarsa (Pam Swakarsa) untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) menjelang Pemilu 2024.

"Kita maksimalkan peran Pam Swakarsa untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang Pemilu 2024," ujar Wakapolda Sulbar, Brigjen. Pol. Rachmat Pamudji, S.I.K., Senin (29/5/23).

Menurut Brigjen. Pol. Rachmat Pamudji pembentukan dan pembinaan Pam Swakarsa dalam rangka mendukung terciptanya kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2024.

Brigjen. Pol. Rachmat Pamudji menjelaskan Pam Swakarsa merupakan konsep pengamanan yang akan berperan aktif dalam mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pesta demokrasi tahun depan.

Baca Juga:  Komplotan Perampok Minimarket Dibekuk, Setiap Aksinya Selalu Gunakan Senjata

"Peran Pam Swakarsa ke depan sangat diharapkan agar dapat betul-betul memaksimalkan upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya di masa demokrasi mendatang," jelasnya, seperti yang dilansir Antaranews, Senin (29/5/23).

Ia menjelaskan maksud dari Pam Swakarsa adalah bentuk pengamanan yang dilakukan pengemban fungsi kepolisian yang dibentuk atas dasar kemauan, kesadaran dan kepentingan masyarakat sendiri.

Selain itu, Brigjen. Pol. Rachmat Pamudji, mengatakan Polri nantinya melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya mencegah harkamtibmas sebagai upaya serta membantu tugas Polri.

"Jadi, nantinya masyarakat dilibatkan secara langsung dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban. Hal ini tentu akan sangat membantu Polri dalam menjaga kamtibmas tetap kondusif di tengah masyarakat," tutupnya.

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment