Uji Pengamanan Kesiapan Pemilu 2024, Polda Bali Bersama Aparat Gabungan Gelar Sispamkota

2 October 2023 - 20:45 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Denpasar. Dalam rangka menguji persiapan pengamanan rangkaian Pemilu 2024, Polda Bali menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota atau Sispamkota di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar. Kapolda Bali, Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si.., menjelaskan bahwa latihan Sispamkota tersebut ditujukan untuk memaksimalkan persiapan personel pengamanan dari satuan tugas gabungan Polda Bali, Kodam IX/Udayana, Forkopimda, dan juga masyarakat adat.

"Sispamkota ini untuk persiapan kita menjelang Pemilu Serentak 2024, mengecek peralatan-peralatan dan menyimulasikan situasi yang sebenarnya," jelas Kapolda Bali, Senin (2/10/23).

Kapolda juga mengungkapkan bahwa sebanyak 800 personel dikerahkan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024. Jumlah tersebut akan bertambah dengan menyesuaikan keadaan di lapangan.

Baca Juga:  Kapolda Kalteng Minta Para Investor Waspada Terhadap Calo Perizinan

Jenderal Bintang Dua itu pun mengaku masih perlu dilakukan peningkatan peralatan dan kerja-kerja satuan tugas yang terlibat dalam Sispamkota tersebut. Akan tetapi, Ia yakin dengan adanya evaluasi dari simulasi ini, hal-hal yang perlu dilakukan penyempurnaan dapat dipenuhi dalam beberapa waktu ke depan.

Kapolda juga mengungkapkan bahwa setelah melakukan komunikasi yang intens dengan Bawaslu dan KPU Bali, ada banyak hal yang perlu dilakukan secara bersama dengan TNI. Menurutnya, ada beberapa tempat yang menjadi perhatian khusus, namun tidak disebutkan secara spesifik karena itu menjadi tugas kepolisian untuk diperhatikan khusus.

"Kita sudah sering melaksanakan kegiatan internasional dan jelas mapingnya. G20 aman dan lancar. Antisipasi sudah, bukan hanya di lokasi, di sekitar itu juga sudah disterilkan udara maupun di perbatasan lautan," tutupnya.

(my/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment