Satgas Salawaku Polda Maluku: Masyarakat Jangan Terlibat Politik Identitas

13 November 2023 - 10:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Maluku. Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku, sambangi jemaat GPM Soya di Gereja Lazarus, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Minggu (12/11/23).

Diketahui Kedatangan satgas tersebut guna melakukan cooling system jelang Pemilu 2024. Di antaranya, mengimbau para jemaat menjaga Kamtibmas.

Kunjungan dipimpin Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Maluku Kompol Hendrik Rumsori, S.Sos., yang juga tergabung dalam tim satgas Binmas OMB Salawaku 2023.

Baca Juga: Redakan Flu dalam 24 Jam, Ini Sederet Tipsnya dari Para Ahli

"Saya berharap masyarakat tidak terlibat dalam politik identitas, politisasi agama dan polarisasi masyarakat pada Pemilu 2024. Politik identitas ini, berdampak pada terjadinya kericuhan dan konflik,” ungkap Kompol Hendrik Rumsori.

Kompol Hendrik Rumsori juga mengajak para jemaat agar bijak dalam bermedia sosial, karena pada umumnya penduduk Indonesia memiliki smartphone ataupun android yang memiliki akses untuk beraktifitas di dunia maya secara bebas.

“Konten-konten yang melanggar dapat dipidana karena termasuk dalam kategori perbuatan pidana yang melanggar hukum khususnya Undang-Undang ITE,” tegasnya.

Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Maluku juga berharap apabila terjadi suatu masalah di tengah lingkungan tempat tinggal, segera menghubungi aparat kepolisian terdekat. Jangan malah ikut terprovokasi atau memprovokasi orang lain sehingga masalah semakin meluas.

“Dalam menyelesaikan masalah, libatkan tokoh-tokoh masyarakat maupun petugas bhabinkamtibmas setempat dalam menyelesaikan masalah tersebut, saya juga berharap masyarakat untuk tidak mengonsumsi minuman keras. Sebab, miras merupakan salah satu pemicu terjadinya gangguan kamtibmas dalam masyarakat," jelas Kompol Hendrik.

Diharapkan Pemilu nanti dapat berjalan aman dan damai. Sehingga setiap warga negara, dapat memberikan aspirasinya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden maupun wakil rakyat (DPD, DPR, DPRD) sebagai penyalur aspirasi rakyat.

“Guna mewujudkan cita-cita pembangunan bangsa dan negara untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan bermartabat,” tutup Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Maluku.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment