Sambut Nataru, PLN Pastikan Keandalan Listrik Saat Nataru

21 December 2023 - 12:30 WIB
Dok. PLN

Tribratanews.polri.go.id - Balikpapan. PT PLN (Persero) menggelar apel kesiapan siaga natal dan tahun baru serentak di seluruh wilayah Indonesia yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo. Di Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, apel digelar di lapangan PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ngagel dan diikuti oleh 16 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan 1 Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D), Rabu (20/12/23).

"Dalam Apel siaga kali ini, kami memastikan kesiapan pasokan listrik, petugas siaga dan peralatan dalam kondisi aman. Kita ingin memastikan bahwa dalam rangka momentum Nataru ini harus zero mistake, zero tolerance, zero blackout, apapun tantangannya harus bisa kita selesaikan satu persatu," jelas Dirut PLN dalam keterangan resmi, Rabu (20/12/23).

PLN memprediksi kebutuhan listrik masyarakat di momen Nataru 2024 adalah sebesar 43 Gigawatt (GW). Sementara PLN memiliki daya mampu pasok lebih dari 50 GW. Artinya dari sisi kecukupan daya, statusnya pun sangat aman.

Baca Juga: Sepanjang 2023, KKB Lakukan 20 Kontak Tembak

Dilansir dari laman cnbcindonesia, selama periode Nataru 2024, PLN menyiagakan lebih dari 18 ribu pegawai dan lebih dari 63 ribu personel lapangan yang akan siaga 24 jam menjaga keandalan listrik. Para petugas ini tersebar di 1.853 posko siaga PLN di seluruh tanah air. Tidak hanya itu, para petugas juga dibekali dengan peralatan dan armada pendukung, berupa 1.731 Genset, 735 Uninteruptible Power Supply (UPS), 1.091 Unit Gardu Bergerak (UGB), 116 Unit Kabel Bergerak (UKB), 395 mobil crane, 3.756 mobil, dan 3.318 motor.

"Kami juga akan menyiagakan petugas PLN di lokasi-lokasi perayaan Natal dan Tahun Baru, seperti Gereja dan tempat wisata, serta Bandara, Pelabuhan dan terminal bus yang menjadi titik mobilisasi masyarakat," jelas Dirut PLN.

Untuk memastikan kesiapan personel di seluruh Indonesia dalam menjaga keandalan listrik, PLN telah melakukan telekonferensi dengan personel siaga di 41 unit induk PLN dan unit-unit subholding yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment