Ribuan Polisi Amankan Demo di Depan Gedung DPR RI

11 October 2024 - 19:11 WIB
Dokumentasi Polda Metro Jaya

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ribuan personel gabungan mengawal aksi unjuk rasa dari kalangan mahasiswa di depan Gedung DPR RI dan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Personel gabungan tersebut, ujarnya, terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait.

"Dalam rangka pengamanan aksi elemen massa dan Mahasiswa di depan Gedung DPR RI dan Patung Kuda, kami melibatkan sejumlah 1.758 personel gabungan," ungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes. Pol. Susatyo Purnomo Condro dalam keterangan resmi, Jumat (11/10/24). 

Kapolres menyebut, personel keamanan akan ditempatkan di sekitar Gedung DPR RI untuk mencegah massa masuk ke dalam gedung ataupun menutup jalan tol yang berada di depan lokasi aksi. 

Di sisi lain, Kapolres menyatakan seluruh personel yang terlibat pengamanan harus selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengutamakan negosiasi, dan memberikan pelayanan secara humanis. Di sisi lain, ia juga mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan peserta aksi untuk melakukan aksi dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi dapat berjalan aman dan tertib sesuai dengan harapan kita semua. 

"Personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api dan tetap menghargai massa aksi yang akan menyampaikan pendapatnya," ungkapnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment