Kapolda Papua Barat Imbau Masyarakat Tetap Jaga Persatuan Meski Beda Pilihan Saat Pilkada

22 May 2024 - 14:30 WIB
polda pabar

Tribratanews.polri.go.id - Manokwari. Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Johnny Eddizon Isir mengingatkan jajarannya tentang pentingnya Operasi Mantap Praja dalam Pilkada Serentak 2024 di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Hal itu disampaikan Kapolda Pabar saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) di Manokwari, Selasa (21/5/24).

Kapolda Papua Barat mengatakan Rakernis Fungsi Binmas dilaksanakan untuk mematangkan target operasi, kegiatan operasi, dan menghindari duplikasi anggaran pada pelaksanaan Operasi Mantap Praja 2024.

“Perlu diketahui, Polda Papua Barat akan melaksanakan Operasi Mantap Praja dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2024. Proses pengamanan Pilkada 2024 akan serupa dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Karena itu, Kapolda Papua Barat mengatakan kesiapan Operasi Mantap Praja 2024 sangat penting.

Baca Juga: Polda NTB Amankan Kedatangan Kapolri Menghadiri Muktamar KAMMI XIII di Islamic Center Lombok

“Kita baru melaksanakan rapat awal untuk kesiapan personel dan mengecek kesiapan anggaran, kesiapan logistik, kesiapan komunikasi, dan kendaraan. Berikutnya adalah menyiapkan kesiapan terkait pola operasi untuk mengupdate operasi yang akan dilaksanakan,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, kesiapan terkait dengan aspek-aspek personel, anggaran sarana-prasarana.

Kapolda Papua Barat juga mengimbau masyarakat Papua Barat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, meskipun berbeda pilihan saat Pilkada nanti.

“Kalau ada mantan anak buah saya di Polresta Manokwari pasti tahu waktu kita mengamankan pilkada Serentak pada 2015 terkait anggaran, terkait cipta kondisi di tahap pertama atau pra, harapannya adalah untuk mendukung masyarakat memilih pilihannya antar sikap dan pilihan yang berbeda, namun ini bukan sesuatu pemicu konflik yang berdampak pada jatuhnya korban, luka atau meninggal,” tuturnya.

Kapolda Papua Barat juga mengingatkan, apa yang ia sampaikan butuh komitmen dari semua. Komitmen adalah janji hati yang butuh keseriusan. Artinya personel Polda tidak main-main dan butuh kesungguhan.

“Tolong diingat, Pilkada serentak 2024 memberi tantangan tidak tersendiri bagi Polda Papua Barat, tapi bagi Polri, karena berbeda pada Pilkada tahun-tahun sebelumnya yang sifatnya masih parsial,” ungkapnya

Usai penyampaian sambutan, Kapolda Papua Barat memukul tifa bersama Dirbinmas Polda Papua Barat, Dirintelkam Polda Papua Barat, dan Kabidkeu Polda Papua Barat.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment