3.643 Personel Amankan Aksi Unjuk Rasa di Depan MK

18 April 2024 - 11:30 WIB
Ilustrasi Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polri menyatakan 3.643 dikerahkan untuk mengawal aksi unjuk rasa di sekitar Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini. Ribuan personel itu gabungan antara Polri, TNI, Pol PP, serta Dishub.

"Hari ini kami siap mengamankan warga yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 3.643 personel gabungan TNI, Polri yang dibantu Pol PP serta Dishub yang nantinya akan di bagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas,” ungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes. Pol. Susatyo Purnomo Condro, Kamis (18/4/24).

Untuk rekayasa lalu lintas, ujar Kapolres, berlaku situasional. Jika diperlukan, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas.

Baca Juga: Kemlu RI Ungkap Kondisi WNI Usai Hujan Badai dan Banjir Melanda Dubai

“Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di sekitaran Monas agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut ia mengimbau agar massa yang akan menyampaikan pendapat di muka umum mentaati aturan sebagaimana diatur dalam undang-undang. Sebab, penyampaian pendapat hak setiap warga negara.

Dengan begitu, penyampaian pendapat di muka umum berjalan dengan aman dan kondusif.

"Tidak lupa Kapolres menegaskan kepada seluruh Personel yang terlibat Pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan serta humanis,” jelasnya.


(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment