Polri Sosialisasi Kejahatan Siber Bermodus Undangan Aplikasi

28 May 2023 - 00:30 WIB
Foto: PMJNews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polisi mengimbau warga untuk mewaspadai berbagai modus operandi kejahatan di dunia maya yang marak belakangan ini terjadi. Hal tersebut disampaikan Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Auliansyah Lubis, S.I.K., M.H., di Jakarta.

"Salah satunya adalah pemalsuan pembelian tiket konser Coldplay, yang telah kami tangkap pelakunya," ungkap Dirreskrimsus dilansir dari laman detiknews, Jumat (26/5/23).

Baca Juga:  Gempa Magnitudo 3,2 Guncang Tenggara Sukabumi

Kombes. Pol. Auliansyah Lubis berpesan kepada masyarakat untuk memastikan kebenaran suatu informasi dan tak serta merta mempercayai informasinya. Termasuk penipuan modus instal aplikasi berujung pembobolan rekening.

"Saat ini sangat marak beredar modus pencurian data baru yang perlu masyarakat ketahui yaitu modus pencurian data dengan format (aplikasi) yang dikirimkan melalui WhatsApp. Di mana apabila calon korban mengklik dan menginstal maka data akan dicuri dan informasi perbankan rahasia akan diketahui oleh pelaku pencurian," jelas Dirreskrimsus.

Dirreskrimsus berharap Kepolisian bisa menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat agar keamanan dan ketertiban selalu terjaga.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment